Tumbuhkan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat, Pemprov Kalsel Sosialisasikan Ajang KIA 2024

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar Ajang Kalsel Innovation Award (KIA) 2024 sebagai bentuk dukungan dalam menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Staf Ahli bidang Hukum dan Politik, Adi Santoso menuturkan inovasi menjadi kunci akselerasi daya saing daerah, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Penyelenggaraan KIA merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam membentuk ekosistem inovasi yang berkelanjutan di banua,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (7/3/2024).

Ia menerangkan, pembukaan sosialisasi dan bimbingan teknis ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan KIA, yang mengantarkan kita semua untuk menimba bekal kompetensi teknis di bidang inovasi daerah. 

Adi mengatakan sejauh ini, perkembangan inovasi di Kalsel terus memperlihatkan kemajuannya yang mana itu menjadi salah satu kemajuan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih optimal, di tengah tuntutan zaman yang serba cepat dan dinamis.

“Kita semua mengharapkan kemunculan inovasi-inovasi yang secara tepat sasaran dapat mengatasi permasalahan di lingkupnya. Hal ini tidak lain untuk memajukan pembangunan Kalsel,” terangnya.

Lanjut, Plt Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Hadi Safitri menambahkan di tahun 2024, gelaran KIA terdiri dari  tiga kategori yaitu inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi masyarakat umum.

“Ini merupakan apresiasi terhadap semangat dan keberhasilan inovator – inovator daerah, dalam hal ini unsur pemerintahan yang meliputi seluruh ruang lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah se – Kalimantan Selatan baik tingkat provinsi maupun kab/kota, serta Penjaringan Inovasi Masyarakat Umum,” tuturnya.

Lalu KIA 2024 salah satu komitmen Kalimantan Selatan dalam meningkatkan penilaian indeks inovasi daerah di banua kita, berangkat dari Undang – Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2018 tentang inovasi daerah dan juga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 104 tahun 2018 tentang penilaian pemberian dan penghargaan insentif inovasi daerah.

“Kami berharap peserta pada KIA 2024 bisa bertambah dari tahun sebelumnya agar tercapainya iklim inovasi yang berkelanjutan di Kalimantan Selatan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai