Pentingnya Peran Psikolog Klinis Bagi Masyarakat

Psikolog Klinis RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Melinda Bahri. MC Kalsel/Ar

Kebutuhan akan keberadaan psikolog klinis bagi masyarakat semakin meningkat. Masalah psikologis, seperti gangguan penyesuaian diri, depresi, kecemasan bahkan gangguan kejiwaan berat perlu penanganan dari tenaga profesional.

“Kami melayani penanganan masalah psikologi dari anak, remaja hingga dewasa serta assesment psikologis untuk kecerdasan maupun kepribadian,” ucap Psikolog Klinis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Melinda Bahri, Senin (20/2/2023).

Melinda menyebut, psikolog klinis menangani orang-orang yang mengalami gangguan penyesuaian diri, keterlambatan perkembangan psikologis, dan gangguan kesehatan mental.

“Masalah yang cukup banyak ditangani yaitu masalah kecemasan, depresi, faktor pola asuh orang tua, faktor ekonomi keluarga, pengalaman masa kecil, bullying dan lainnya,” ujar Melinda.

Dijelaskan Melinda, penanganan masalah psikologis membutuhkan peran keluarga atau orang terdekat, dukungan dari orang terdekat seperti komunikasi yang intens, mendengarkan dan empati dapat membantu menumbuhkan motivasi dari klien untuk kembali menjalani aktifitas sehari-hari dan dapat beradaptasi dengan keadaan saat ini.

“Masyarakat yang ingin melakukan konsultasi lebih lanjut terkait permasalahan psikologis dapat mendatangi fasilitas layanan kesehatan yang memiliki layanan psikologi atau kejiwaan,” ungkap Melinda.

Melinda yang juga merupakan Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Kalsel akan terus mengupayakan membantu masyarakat dengan cara preventif, promotif, kuratif, rehabilitatif dan paliatif serta siap menjalin kerja sama dengan pemerintah dan organisasi profesi lainnya.

“Sehingga peran psikolog klinis di tengah masyarakat dapat mengatasi masalah psikologis dan mensejahterakan psikologis masyarakat di Kalsel,” kata Melinda. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai