Kabupaten Tapin Berhasil Mendapatkan Juara Pertama Festival Permainan Tradisional Balogo 2023

Kabupaten Tapin berhasil mendapatkan peringkat pertama dengan nilai 20 pada gelaran Festival Balogo 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan diikuti perwakilan sekolah dari 12 kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang kebudayaan Raudati Hildayati mengungkapkan peringkat pertama pada festival balogo 2023 kali ini dimenangkan dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tapin Selatan perwakilan dari kabupaten.

“Alhamdulillah Festival Balogo 2023 telah sukses kami laksanakan, yang mana ini menjadi salah satu implementasi Pemprov Kalsel dalam melestarikan salah satu permainan tradisional,” ucapnya, di Banjarmasin, Jumat (8/12/2023).

Ia mengatakan, permainan Balogo menjadi salah satu permainan tradisional yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Untuk itu, Hilda berharap setelah gelaran ini, para peserta agar tetap melestarikan permainan balogo di sekolah masing – masing supaya peninggalan nenek moyang tidak hilang ditengah kecanggihan teknologi.

“Dan di tahun berikutnya kami usahakan supaya dapat menambah permainan tradisional yang dilombakan oleh para pelajar,” terangnya.

Lebih lanjut, Ketua Tim Juri, Muhammad sangat senang karena para peserta yang notabenenya generasi muda, masih mengetahui bagaimana teknis permainan balogo.

“Semoga mereka yang sudah tahu cara bermain balogo bisa mengajarkan teman – teman sebayanya agar permainaan ini terus bisa dinikmati,” tuturnya.

Sementara itu, Pembina SMKN 1 Tapin Selatan yang mendapatkan juara pertama pada festival permainan tradisional balogo, Abdi Hidayatullah merasa sangat senang bahwa Pemprov Kalsel dapat memberikan wadah untuk para penggiat permainan tradisional khususnya dalam mengembangkan kebisaan mereka.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan agar anak – anak bisa meraih prestasi dibidang seni budaya khususnya permainan tradisional,” harapnya.

Sebagai informasi, total hadiah yang diberikan kepada pemenang sebanyak Rp18 Juta dengan susunan pemenang Juara 1, Kabupaten Tapin, Juara 2, Kabupaten Balangan, Juara 3, Kabupaten Tanah Bumbu, Harapan 1, Kota Banjarbaru, Harapan 2, Kabupaten Tanah Laut dan Harapan 3, Kota Banjarmasin. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai