KBSBTP 2023, Berikan Ruang Ekspresi Kepada Generasi Muda Batola

Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Kemah Bhakti Seni Budaya Tingkat Pelajar (KBSBTP) tahun 2023 untuk memberikan ruang ekspresi kepada pelaku seni dan peserta didik untuk berkarya di Kabupaten Barito Kuala.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti mengungkapkan KBSBTP merupakan platform kerja budaya yang menghimpun para generasi muda seperti pelajar atau peserta didik tingkat SMA/SMK/Sederajat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Barito Kuala.

“Kami ingin menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan kekayaan kesenian di Kalsel di bidang seni dan budaya seperti seni drama/teater, tari, musik dan sastra,” ucapnya, Senin (27/11/2023).

Ia menerangkan pada kegiatan KBSBTP tahun 2023 yang diselenggarakan mulai 27 hingga 29 November,  memberikan berbagai macam materi kesenian dengan narasumber yang sudah ahli di bidangnya masing – masing seperti seni tari dari Odie Thadien, seni sastra/madihin dari Zaki Bahalap, seni teater dari Bayu Bastari S, seni pertunjukan/umum dari Firhansyah dan seni musik dari Aman Babun.

Suharyanti mengatakan KBSBTP tahun 2023 diikuti oleh Guru Seni Budaya serta Pelajar SMA/SMK/Sederajat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Barito Kuala dengan total 60 dari sekolah dan 25 dari forum anak.

“Kami berusaha semaksimal mungkin agar keanekaragaman seni yang ada di Kalimantan Selatan dapat terpelihara dan berkembang serta menghasilkan nilai-nilai karya seni yang terkandung di dalam seni budaya daerah yang beranekaragaman,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berharap selama kegiatan KBSBTP tahun 2023 akan muncul berbagai inisiatif dari kalangan muda yang menjadi terobosan untuk menjawab tantangan pemajuan kebudayaan di Kalimantan Selatan. 

“Nantinya akan muncul ide – ide inovasi serta inisiatif-inisiatif berbasiskan dari kalangan kaum muda terkait objek pemajuan kebudayaan,” tuturnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai