Dukung Pengenalan Geopark Meratus, Workshop Kerajinan Souvenir Batu Alam Resmi Ditutup

Foto bersama usai Penutupan Workshop Penumbuhan Wirausaha Baru Kerajinan Souvenir Batu Alam Dalam Mendukung Geopark Meratus, di Desa Pumpung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Senin (27/11/2023). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perindustrian (Disperin) resmi menutup Workshop Penumbuhan Wirausaha Baru Kerajinan Souvenir Batu Alam Dalam Mendukung Geopark Meratus, di Desa Pumpung Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Senin (27/11/2023).

Kepala Disperin Provinsi Kalsel, Mahyuni melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana Pemberdayaan Industri, Kris Wibowo mengatakan, pihaknya memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam menumbuhkembangkan usaha baru, termasuk membuat souvenir dari batu alam.

Dijelaskan Kris, Desa Pumpung akan menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Kalsel dan merupakan bagian dari kawasan Geopark Meratus dengan wisata pendulangan intan khas Banjar.

Diutarakan Kris, dari workshop ini akan terciptanya perhiasan souvenir batu alam, seperti cincin, liontin, bros, kalung dan lainnya.

“Mudah-mudahan nantinya akan tumbuh sentra IKM souvenir batu alam sehingga dapat mendongkrak perekonomian Desa Pumpung dan menjadi produk unggulan agar bisa menarik minat wisatawan,” tutur Kris.

Lebih jauh Kris menyebutkan, souvenir batu memiliki nilai ekonomis tinggi dengan mengolahnya yang unik dan menarik serta memiliki nilai jual yang tinggi.

“Kita tahu dari pembuatan batu menjadi sumber ekonomi kreatif yang bisa menambah pendapatan masyarakat,” kata Kris. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai