Kunker ke Pemkab Tanbu, Komisi II DPRD Banjar Sharing Pengelolaan Keuangan Desa

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar, Rabu (23/8) pagi.
Kunker dalam rangka Sharing Pengelolaan Keuangan Desa khususnya dana Satu Milyar Satu Desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.
Rombongan Komisi II DPRD Kab. Banjar bersama Staf Ahli Bupati Banjar, Kepala BPKAD Kab. Banjar, dan Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa Kab. Banjar diterima langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H.M. Idjra’i, Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Riduan, bersama sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.
Ketua Rombongan Kunker Komisi II, Muhammad Marbawi, mengatakan kunjungan kerja dalam rangka untuk sharing atau berbagi pengalaman dalam hal pengelolaan keuangan desa.
“Kami ingin mengetahui bagaimana cara pemerintah daerah Tanah Bumbu  mengelola keuangan desa, mulai dari penyaluran, penggunaan, pembinaan, dan pengawasannya,” sebutnya.
Ia menambahkan, Kabupaten Banjar dalam hal mengelola keuangan desa terfokus pada pembangunan infrastruktur.
Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H.M. Idjra’i, menyambut baik dengan kunjungan kerja DPRD Kab. Banjar ke Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Melalui acara semacam inilah, sebut Idjrai, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi diantara dua daerah sehingga berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tanbu, H. Suwingnyo menyebutkan dana Satu Milyar Satu Desa di Kabupaten Tanah Bumbu sudah ada sejak tahun 2015 yang lalu dan dananya bersumber dari APBD Tanah Bumbu.
Dana tersebut, ujarnya, tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur jalan saja, namun juga diarahkan pada peningkatan ekonomi.
“Pada tahun 2015 dana digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, pada tahun 2016 infrastruktur kesehatan, dan pada tahun 2017 pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” sebut H. Suwignyo.
Ditambahkanya, dalam mengelola keuangan desa dan pembangunan di desa, pihaknya terus melaksanakan berbagai Bimtek untuk aparatur desa. Selain itu juga terus bekerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam hal pembinaan dan pengawasannya.
Acara kunjungan kerja yang di isi dengan sesi tanya jawab tersebut ditutup dengan sesi foto bersama. (Rel/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih