Awasi Penyelenggaraan Pemerintah, Pemprov Kalsel Kawal Program Prioritas Nasional

Foto bersama usai pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Selasa (21/11/2023). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Inspektorat Daerah sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) akan terus membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah yang jujur, bersih, akuntabel dan transparan.

“Sehingga kita harus bersama-sama dalam meningkatkan koordinasi dan sinergi untuk senantiasa mengawal pelaksanaan program prioritas nasional di daerah,” kata Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar pada Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Selasa (21/11/2023).

Roy menginginkan, dari Rakorwasda dapat dijadikan  langkah strategis dalam peningkatan kinerja pengawasan di tingkat pemerintah daerah. 

“Hal ini sebagai upaya nyata untuk memaksimalkan pencapaian target-target kinerja pembangunan kedepannya dan peran APIP harus efektif dan andal dalam perbaikan tata kelola, penerapan manajemen risiko yang efektif serta memberikan peringatan secara dini apabila terindentifikasi adanya potensi penyimpangan,” ungkap Roy.

Disisi lain, visi pembangunan daerah, yaitu Kalsel Maju sebagai Gerbang Ibu Kota Negara. Salah satu inti dari pembangunan daerah adalah pemerataan hasil pembangunan agar dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

“Marilah kita tingkatkan koordinasi dan sinergi dalam mewujudkan visi pembangunan daerah, khususnya terkait pengawasan pelaksanaan program prioritas daerah dan ada beberapa isu penting terkait pengawasan yang harus diperhatikan, seperti masih ditemukannya temuan yang bersifat berulang dan rutinitas, pengelolaan risiko di SKPD yang belum optimal, Implementasi SAKIP yang kurang optimal, kapasitas APIP yang perlu ditingkatkan dan lainnya,” jelas Roy.

Sementara itu, Inspektur Daerah Provinsi Kalsel, Akhmad Fydayeen mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan Rakorwasda dalam melakukan diseminasi dan institusionalisasi penguatan peran APIP untuk menjalankan early warning system atau sistem peringatan dini. 

“Mudah-mudahan Rakorwasda ini dapat meningkatkan wawasan para peserta terhadap peran strategis APIP di era digital saat ini dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good public governance),” kata Fydayeen. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai