Upaya Gubernur Kalsel Tingkatkan Kecintaan Terhadap Muslam Berbuah Manis


Para wisatawan saat berkunjung ke Museum Lambung Mangkurat. dok

Upaya Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor dalam meningkatkan Kecintaan masyarakat terhadap museum berbuah hasil positif dilihat dari antusias masyarakat mengunjungi salah satu museum kebanggaan Kalsel yaitu museum Lambung Mangkurat.

Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat, M. Taufik Akbar menjelaskan dari data yang dilihat jumlah pengunjung sejak Januari hingga Juni 2023 mencapai 33.087 orang. 

“Ini Jauh meningkat dibandingkan jumlah pengunjung periode Januari – Desember tahun 2022 yang hanya 29.766,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (25/7/2023). 

Menurutnya peningkatakan jumlah pengunjung karena dicabutnya status pandemi menjadi endemi, serta keinginan dan upaya Gubernur Kalsel juga berdampak terhadap peningkatan pengunjung museum.

“Karena Gubernur sangat menjunjung tinggi nilai sejarah dan budaya Kalsel. Beliau selalu mengajak masyarakat untuk berkunjung ke museum,” ungkapnya.

Peningkatan pengunjung tentu memberi dampak terhadap pendapatan museum di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel ini. Hingga Juni lalu, hasil retribusi karcis disebutkan Akbar, sudah mencapai Rp 104 Juta lebih atau hampir 90 persen dari target retribusi tahun ini.

“Pendapatan sewa gedung kita sudah 58 persen dari target. Sekitar Rp3,5 Juta,” bebernya.

Akbar berharap, jumlah kunjungan masyakarat ke museum semakin lebih meningkat. Apalagi museum merupakan salah satu sarana edukasi bagi pelajar untuk memperluas pengetahuan tentang sejarah dan budaya.

“Mudah-mudahan hingga tutup tahun 2023 jumlah pengunjung museum bisa mencapai 50 ribu orang,” terangnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai