Pemprov Kalsel Akan Bangun infrastruktur Sekolah Menengah Kejuruan di tahun 2023


Kepala Bidang Pembinaan SMK, Syamsuri, di Banjarbaru, Selasa (25/7/2023). MC Kalsel/usu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan akan membangun infrastruktrur pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK, Syamsuri mengatakan di tahun ini pihaknya akan melakukan peremajaan infrastruktur hingga pembangunan ruang kelas tambahan.

“Peremajaan gedung sekolah hingga penambahan fasilitas pendidikan ini tersebar di seluruh kabupatem/kota yang ada di Kalsel,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (25/7/2023).

Ia menerangkan, selain dari dana  Anggaran Perubahan dan Belanja Daerah (APBD) pihaknya juga menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN Pemerintah Pusat, yang juga dipergunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur sekolah.

Adapun untuk peremajaan SMK di Kalsel pada tahun 2023, dana APBD digunakan oleh sedikitnya 9 sekolah, sedangkan APBN sebanyak 22 sekolah.

“Dari APBD, kita ada pembangunan ruang kelas baru, infastruktur dan rehabilitasi gedung. Sedangkan DAK pusat, ada pembangunan ruang praktik, laboratorium, perpustakaan, dan ada beberapa rehab kelas yang rusak,” terangnya.

Lebih lanjut, Syamsuri mengatakan untuk pengerjaan dana APBD semua sudah selesai. Akan tetapi, untuk APBN masih dalam proses pengerjaan. Maka Ia pun berharap semoga pembangunan ini cepat selesai.

“Dengan penambahan infrastruktur dan rehabilitasi ruang sekolah, para siswa dapat lebih nyaman belajar sehingga menghasilkan generasi yang cerdas dan siap memasuki pasar kerja, ataupun membuka peluang usaha sendiri,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai