Pemprov Dukung Temu Karya PSM se-Kalsel

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dukung kegiatan temu karya Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang dihadiri sebanyak 307 PSM se Kalsel tahun 2023.

Mewakili Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), Gandes Pratiwi dalam sambutannya mengatakan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat berupa pemikiran, prakarsa, keahlian, dukungan, kegiatan, tenaga, dana, barang, jasa, atau fasilitas untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Pekerja sosial masyarakat (PSM) adalah seseorang sebagai warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan dan kemampuan untuk berperan dan mengabdi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial,” kata Gandes, Banjarbaru, Sabtu (18/11/2023).

Dijelaskan Gandes, PSM dibentuk dengan maksud untuk memberikan kesempatan dan menumbuhkan kepedulian warga masyarakat untuk berperan serta dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, meningkatkan kepedulian warga masyarakat dalam menangani masalah sosial dan sebagai mitra pemerintah/institusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“PSM mempunyai tugas yaitu mengambil inisiatif dalam penanganan masalah sosial, membantu mendorong, menggerakkan, dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraaan sosial, mendampingi warga masyarakat yang membutuhkan layanan sosial, mendampingi program kesejahteraan sosial di tingkat desa atau kelurahan, berperan aktif dalam program nasional, dan sebagai mitra pemerintah/institusi dalam,” kata Gandes.

Dirinya yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Kesejahteraan Sosial dan Kelembagaan Sosial Dinsos Provinsi Kalsel menambahkan bahwa PSM merupakan salah satu pilar-pilar sosial masyarakat yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah dimana peran dan kontribusinya sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan pengentasan permasalahan kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat.

“Dalam rangka meningkatkan silaturahmi antar Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), meningkatkan jejaring kerja dan motivasi PSM dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta menumbuhkan motivasi kepada masyarakat luas agar berminat menjadi pekerja sosial masyarakat (PSM) maka kegiatan temu karya pekerja sosial masyarakat se Kalsel ini secara rutin kita laksanakan setiap tahun,” tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai