Pemprov Kalsel Gelar P2K2 PKH di Kabupaten HSU

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial Provinsi Kalsel kembali melaksanakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Program Keluarga Harapan (PKH) yang mana kali ini menyasar Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Hadir secara langsung Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah menemui para penerima KPM PKH menuturkan bahwasanya agar bantuan PKH bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh penerima manfaat, sebab sedianya kehadiran program pemerintah melalui PKH adalah untuk mengurangi angka kemiskinan dan untuk membantu kelancaran proses pendidikan bagi anak-anak penerima manfaat.

“Penguatan pilar di keluarga saat ini sangat diperlukan, karena kita berharap dari keluaga ini menjadi keluarga tangguh yang punya ketahanan sehingga bisa menjadi keluarga berkualitas agar nanti visi Indonesia emas 2045 bisa tetcapai melalui penguatan keluarga yang akhirnya meningkat kepada peningkatan keluarga masyarakat,” kata Raudatul, HSU, Kamis (17/11/2023).

Dirinya juga berharap setiap kartu yang dipegang oleh penerima manfaat agar tidak disalahgunakan, seperti dijadikan jaminan untuk pinjaman keuangan dan lainnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Sosial Prov Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel Gusnanda Effendi, menyebutkan kegiatan pertemuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pengasuhan dan pendidikan anak, kesehatan, pengelolaan keuangan, perlindungan anak, dan kesejahteraan sosial agar mendorong perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera.

“Adapun tujuan dari kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga ini yaitu meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya agar dapat di gunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” kata Gusnanda.

Menurut Gusnanda, kondisi saat ini tentunya membuat para SDM PKH khususnya pendamping PKH untuk bisa lebih bekerja cerdas, keras, ikhlas, tuntas dan waras.

“Dalam melaksanakan tugasnya diperlukan peran dan tanggung jawab dari SDM PKH dalam terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai