Latihan Praktek Jalasesya, Gubernur Kalsel Apresiasi Kunjungan Taruna/Taruni AAL

Foto bersama usai Penyambutan Kapal Perang Republik Indonesia Dewaruci dan Makassar 590 dalam Rangka Latihan Praktek Jalasesya Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut tingkat II Angkatan ke-71, di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (15/11/2023). MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi 186 taruna/taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II Angkatan ke-71 dalam melaksanakan Latihan Praktek Jalasesya menggunakan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), yaitu KRI Dewaruci dan Makassar 590 dengan rute pelayaran Surabaya, Banjarmasin, Banyuwangi dan kembali lagi ke Surabaya di bawah Perwira Pelaksana Latihan, Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo.

Taruna/taruni AAL tingkat II Angkatan ke-71 melaksanakan Latihan Praktek Jalasesya di Kalsel selama tiga hari terhitung pada 15 hingga 17 dan kembali bertolak ke tujuan berikutnya, yaitu Banyuwangi pada 18 Nopember 2023 mendatang.

“Maka dari itu, kunjungan KRI Dewaruci dan Makassar 590 membuktikan bahwa dedikasi dan profesionalisme TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI di lautan dan juga dapat semakin mempererat kerjasama Pemerintah Provinsi Kalsel dengan TNI AL,” kata Sahbirin, di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (15/11/2023).

Sahbirin berpesan, kepada taruna/taruni AAL dalam melaksanakan latihan praktek jalasesya dapat menjalaninya dengan penuh semangat juang, disiplin dan kekompakan.

“tunjukkan semangat pantang menyerah dan jiwa korsa yang menggebu-gebu demi memperkuat diri menjadi prajurit TNI AL yang tangguh,” tutur Sahbirin.

Sahbirin pun mengingatkan, bahwa latihan ini sebagai ajang pembuktian diri untuk menjadi prajurit TNI AL yang andal dan berikan yang terbaik dalam menjalani tugasnya masing-masing.

“Kita yakin dari latihan ini mereka mampu menjadi taruna/taruni AAL yang membanggakan dan siap menjaga kedaulatan NKRI dan tunjukkan pada bangsa semangat pantang menyerah, dedikasi dan loyalitas tanpa batas pada negeri tercinta,” sebut Sahbirin.

Komandan KRI Makassar 590, Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hartanto menambahkan, bahwa tujuan pelayaran taruna/taruni AAL ke Kalsel dalam melaksanakan latihan praktek jalasesya.

“Memang kami datang dengan KRI Makassar 590 dan Dewaruci yang masih dalam perjalanan dan mereka akan praktek di laut dengan masing-masing keilmuan di kecabangan atau corpsnya serta di darat akan melaksanakan kegiatan interaksi dengan masyarakat, yaitu bakti sosial, bersih-bersih, penanaman mangrove dan berkunjung ke SMA dalm mempromosikan AAL,” imbuh Arief.

Sementara itu, Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Agus Setyawan menyampaikan, latihan ini penting guna meningkatkan kualitas dan kemampuan taruna/taruni AAL agar siap melaksanakan tugas negara di masa mendatang.

“Dengan semangat bela negara yang tinggi, para taruna/tarunu AL dapat melewati latihan ini dengan baik dan sukses,” kata Agus. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai