Diikuti Seniman dari 20 Negara, Kiram Arts Festival 2023 resmi ditutup

Kiram Arts Festival 2023 yang diinisasi Pemerintah Provinssi Kalimantan Selatan yang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan resmi Ditutup.

Kiram Arts Festival yang telah diselenggaralan mulai 8 hingga 12 November 2023 dengan diikuti kurang lebih puluhan seniman dari 20 Negara yang ada didunia telah menampilkan karya seni budaya berhasil membuat masyarakat terpukau.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan mengungkapkan harmonisasi apik yang tercipta selama lima hari penyelenggaraan Kiram Arts Festival 2023, bukan hanya sebuah euforia sejenak. Tetapi yang lebih penting mampu memberikan dampak positif meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga, melestarikan bahkan ikut mengembangkan seni budaya daerah.

“Penyelenggaraan Kiram Arts Festival ini adalah salah satu upaya dan wujud partisipasi pemprov kalsel untuk mempermuat hubungan keberagaman antar daerah dan negara lainnha,” ucapnya, Banjar, Minggu (12/11/2023).

Sulkan mengatakan Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan budaya dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Merang sampai pulau Rote. Indonesia adalah panggung kehidupan yang dipenuhi keindahan alam dan keanekaragaman budaya.

“Maka dari itu sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia harus bangga karena kita memiliki potret budaya yang lengkap dan bervariasi,” terangnya.

Pihaknya pun berharap kegiatan ini bisa memberikan kesan kepada seluruh seniman yang berpartisipasi, dan masyarakat yang menikmati pertunjukan selama lima hari.

“Saya memberikan apresiasi penghargaan yang tinggi kepada para seniman yang telah membawa warna – warni kehidupan melalui karya yang luar biasa. Dan diharapkan kreatifitas tidak terbatas ini menginspirasi kita untuk menghargai keindahan di tengah perbedaan yang dimiliki,” ungkapnya.

Selain itu, Direktur Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga dan Kebudayaan Republik Indonesia, Restu Gunawan mengungkapkan Festival kebudayaan yang diselenggarakan oleh Kalimantan Selatan ini merupakan pertunjukan yang sangat memukau. Selain karena penampilan dari para seniman, juga lokasi yang dipilih sangatlah unik dan fresh bagi dirinya.

“Saya berharap kegiatan ini seperti ini terus dipertahankan dan dikembangkan lagi sehingga seluruh masyarakat dari kalangan muda hingga dewasa bisa menyaksikan penampilan yang sangat indah ini. Apalagi festival ini bertaraf internasional,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mendapatkan Anugerah Budaya “Sampana Carita” yang diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Pemprov Kalsel juga membagikan 40 Seniman Anugerah Seni Budaya bidang Sastra, bidang seni musik dan pertunjukan, bidang kuliner dan seremonial budaya, bidang seni rupa dan bidang promosi dan diplomasi kebudayaan. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai