Pemprov Kalsel Gelar Pertemuan Evaluasi Kedokteran Indonesia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel menggelar Pertemuan Evaluasi Komite Internsip Kedokteran Indonesia (KIKI) Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) dan program Internsip Dokter Gigi Indonesia (PIDGI) Kalsel di Banjarmasin.

Pertemuan ini bertujuan untuk koordinasi dan komunikasi terkait pelaksanaan program internsip di Kabupaten/kota, sehingga dalam pelaksanaan program internsip di provinsi Kalimantan Selatan, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin melalui Kepala Bidang Sumber daya Kesehatan, Ahmad Yani mengatakan program internsip dokter dan dokter gigi indonesia merupakan salah satu upaya pemerintah melalui kementerian kesehatan, dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia pada umumnya dan Kalsel pada khususnya.

“Program internsip ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat memberikan pemahiran dan kemandirian dokter, penyesuaian dalam pemantapan kompetensi, dan pemenuhan kebutuhan dokter dan dokter gigi untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan,” katanya, Selasa (7/11/2023).

Menurutnya, pelaksanaan program internsip di Kalsel, telah banyak memberikan sumbangsih tenaga dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di banua.

“Selama menempuh internsip dokter Indonesia, peserta didampingi oleh pendamping. Dokter pendamping memegang peranan penting dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan program internsip di wahana,” ujarnya.

Jadi dalam rangka mengkoordinasikan pelaksanaan internsip di provinsi Kalsel antara KIKI pusat, KIKI provinsi, pendamping internsip, serta Dinkes kabupaten/kota, maka dilaksanakan kegiatan ini.

Oleh karena itu, melalui pertemuan evaluasi KIKI ini diharapkan dapat memberikan ide-ide serta rekomendasi terkait program internsip bagi dokter dan dokter gigi.

“Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membuka wawasan dan pengalaman baru bagi para calon dokter dan dokter gigi, sehingga kelak dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas,” ungkapnya.

Kegiatan ini diikuti 43 pendamping PIDI dan 21 pendamping PIDGI serta anggota KIKI dan Sekretariat KIKI Provinsi Kalsel sebanyak 16. Kegiatan diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 7-8 November 2023. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai