Pemprov Kalsel Dorong Peningkatan Vaksinasi COVID-19

Plt Kadinkes Kalsel, Sukamto saat memberikan keterangan di Banjarmasin, Rabu (23/3/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel terus berupaya meningkatkan vaksinasi di Kalsel.

Plt Kadinkes Kalsel, Sukamto mengatakan upaya yang akan dilakukan Dinas Kesehatan untuk meningkatkan vaksinasi dosis dua dan tiga yaitu dengan melakukan vaksinasi bergerak yang digagas oleh Gubernur Kalsel.

“Jadi kita akan melakukan vaksinasi massal bergerak guna meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua yang telah ditargetkan sebesar 70 persen oleh Presiden,” kata Sukamto, di Banjarmasin, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, berdasarkan data capaian vaksinasi di Kalsel untuk dosis pertama 94,40 persen dan vaksinasi dosis kedua 63,12 persen serta vaksinasi dosis ketiga booster 7,11 persen.

“Artinya untuk target vaksinasi dosis dua 70 persen tinggal 6,88 persen yang harus kita kejar, sehingga Gubernur Kalsel memberikan arahan untuk melakukan vaksinasi bergerak lagi. Paling tidak untuk mencapai vaksin kedua 70 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kalsel, Sri Wahyuni menambahkan selain melakukan vaksinasi bergerak pihaknya akan melakukan pengumpulan data dan anlisa. Dimana nantinya analisisa data capaian vaksinasi dosisi kedua yang masih belum mencapai 50 persen di setiap daerah dilakukan vaksinasi massal guna mengejar 70 persen.

Berdasarkan data per Kabupaten untuk capaian vaksinasi dosis dua masih rendah yaitu, Kabupaten Banjar 48,84 persen, Kotabaru 57,14 persen, Batola 49,72 persen, HST 58,76 persen kemudian HSU 53 persen dan tabalong 58 persen.

“Sedangkan yang sudah mencapai 70 persen adalah Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Tanah Bumbu untuk dosis kedua,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai