Pemprov Kalsel Bagikan Bantuan Tanggap Darurat Angin Puting Beliung di Jejangkit

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Prov Kalsel memberikan bantuan tanggap darurat bencana angin puting beliung di Desa Jejangkit Pasar dan Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala yang terjadi pada Rabu (25/10) yang lalu.

Sekretaris Dinsos Prov Kalsel, Murjani, menyebutkan sebanyak 121 buah rumah masyarakat mengalami kerusakan dikarenakan diterpa angin kencang.

“Kejadian terjadi pada Rabu sore kemarin, dan sesuai arahan Pak Gubernur Sahbirin Noor, kita langsung bergerak cepat memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban angin puting beliung,” kata Murjani, Batola, Jumat (27/10/2023).

Akibat dari kejadian bencana tersebut, Dijelaskan Murjani sebanyak 121 unit rumah mengalami kerusakan, 81 unit rumah diantaranya di Desa Jejangkit Pasar sedangkan 40 unit rumah lainnya di Desa Jejangkit Muara.

“Alhamdullilah, kita serahkan bantuan tanggap darurat tersebut langsung kepada masyarakat yang juga dihadiri langsung oleh Pj Bupati Batola, Bapak Mujiyat bersama para aparat desa serta Kecamatan Jejangkit,” ucap Murjani.

Bantuan yang diserahkan berupa makanan anak, family kit, food ware, peralatan dapur keluarga, selimut, kasur, matras, tenda gulung, sandang dewasa, makanan siap saji, kids ware, lauk pauk siap saji, gula, mie instan, teh, sarden, kopi serta pakaian lansia.

Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Kalsel, Achmadi menjelasma kronologis kejadian bencana angin puting beliung diawali dengan angin yang bertiup kencang sebelum hujan turun. Tidak lama kemudian, angin semakin kencang dan menerjang atap maupun dinding ratusan rumah bahkan beberapa tiang listrik juga roboh.

“Merespon kejadian bencana tersebut, kita langsung menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan pendataan dan assesment terhadap kebutuhan dasar penyintas terdampak bencana alam angin puting beliung,” kata Achmadi.

Dirinya pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang melanda seluruh wilayah di Kalimantan Selatan yang bisa datang kapan saja. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai