Putarkan Film Lokal, Pemprov Kalsel Kembali Luncurkan Bioskop Keliling

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menyelenggarakan Bioskop Keliling dengan mendatangi pelajar dan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya, Suharyanti mengungkapkan pemutaran film menggunakan sarana bioskop keliling ini baru pertama kali dilaksanakan setelah sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

“Alhamdulillah di tahun ini kami bisa kembali mengoperasikan salah satu sarana mobil bioskop keliling yang digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang kesenian Kalsel,” ucapnya, Hulu Sungai Selatan, Selasa (24/10/2023).

Ia menerangkan pada pelaksanaannya, pihaknya menyambangi beberapa sekolah yaitu SMAN 1 Kandangan dan SMAN 2 Kandangan dengan film yang diputar yaitu film biografi Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

“Film ini merepresentasikan pertautan dialektis kreatif antara nilai universal agama (Islam) dengan budaya lokal (Banjar). Melalui sosok Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, cerita film ini tentang corak ajaran Islam dalam kesatuan spiritual dan keterkaitan historis,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi, Nitta Aulia menambahkanpihaknya juga memberikan cinderamata berupa buku cetakan naskah mamanda dan pantun madihin lamut.

“Pemberian buku diharapkan mampu menambah wawasan tentang mamanda dan madihin lamut kepada pelajar, sehingga mereka bisa melestarikan kesenian khas daerah kita,” tuturnya.

Nitta mengungkapkan bioskop keliling tidak hanya menyambangi sekolah – sekolah. Tetapi pada malam nanti juga akan melakukan nonton bareng bersama masyarakat di lapangan lambung mangkurat kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Bioskop keliling ini akan terus kami laksanakan sebagai sarana membagi ilmu berupa sejarah, budaya maupun pengetahuan kepada masyarakat setiap tahunnya akan diadakan pada beberapa kabupaten/kota di Kalsel secara bergilir,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai