Pemprov Kalsel Pamerkan Koleksi Hibah Masyarakat

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pameran temporer ke-3 tahun 2023. Pameran kali ini bertajuk “Hibah Koleksi ke Museum” dengan tema “Menjaga yang Ada, Merawat yang Tersisa”.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalsel, M. Taufik Akbar mengungkapkan pameran yang diadakan kali ini berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta serta Museum Kotagede, mulai dari tanggal 3 Oktober hingga 6 November 2023.

“Museum merupakan wahana yang memiliki peran strategis terhadap penguatan identitas masyarakat. Para ahli kebudayaan meletakkan museum sebagai bagian dari pranata sosial dan media edukasi, untuk memberikan gambaran tentang perkembangan alam dan budaya manusia kepada publik,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (19/10/2023).

Ia menerangkan museum dituntut memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat. Karena ini salah satu wadah sebagai jendela budaya dan sejarah Kalsel.

Lebih lanjut, pameran ini juga merupakan bentuk apresiasi pihak museum kepada masyarakat yang telah bersedia menghibahkan barang dan koleksi pribadi mereka.

“Keputusan masyarakat menghibahkan barang bersejarah dan memiliki nilai ini sangat membantu pihak museum untuk melestarikan nilai-nilai pelestarian budaya dan sejarah agar generasi selanjutnya akan mengingat dan melihat sisa-sisa sejarah yang bisa dijaga,” terangnya.

Oleh karena itu, Ia berharap melalui pameran, mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya. Sehingga masyarakat luas terutama generasi muda dapat mengetahui, mempelajari dan mengembangkannya, baik dari bidang teknologi, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

“Saya harap kegiatan ini juga berdampak positif terhadap pembangunan Kalsel,” tutupnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai