BMKG Rilis Kejadian Hujan Lebat Serta Angin Kencang di Banjarmasin

MC Kalsel/Rns

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan perihal kejadian alam, hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Kota Banjarmasin pada Senin tanggal 16 Oktober 2023 sore.

Akibat kejadian tersebut, puluhan pohon tumbang dan bangunan atau pemukiman warga turut terdampak akibat angin yang cukup kencang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor, Karmana menyebutkan jika kejadian tersebut sebagai fenomena peralihan musim.

“Sebagian besar wilayah Kalsel mulai memasuki masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan, termasuk wilayah Banjarmasin,” ujar Karmana, Selasa (17/10/2023).

Selama masa pancaroba tersebut, terdapat potensi terjadinya cuaca esktrem seperti angin kencang terutama menjelang sore hari.

“Penjelasan tersebut seperti yang terjadi hari Senin kemarin, terdapat hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Banjarmasin,” lanjutnya.

Dengan kondisi ini, warga diimbau untuk tetap waspada terhadap bencana yang berpotensi terjadi pada masa pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Persiapan yang dilakukan guna mengantisipasi bencana saat pancaroba di antaranya adalah mengecek kondisi pohon dan memangkas apabila sudah terlalu rindang atau rapuh, atap rumah terutama terbuat dari bahan ringan dan lain sebagainya. MC Kalse/Fuz

Mungkin Anda Menyukai