Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Keuangan, Disbunnak Gelar Sosialisasi

Para peserta berfoto bersama usai mengikuti kegiatan sosialisasi pengelolaan keuangan di aula Balai Inseminasi Buatan, Banjarbaru, Kamis (12/2/2020). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka meningkatan kinerja pengelolaan keuangan yang baik, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel mengadakan sosialisasi pengelolaan keuangan di aula Balai Inseminasi Buatan, Banjarbaru, Kamis (13/2/2020).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Suparmi mengatakan pengelolaan keuangan yang baik merupakan gambaran bagaimana pemanfaatan dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran.

“Acara ini bertujuan agar semua pelaksana kegiatan dapat lebih tertib administrasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga dapat tercipta transparansi laporan keuangan yang baik,” ucapnya.

Pengelolaan keuangan merupakan suatu kesatuan atau sistem yang berproses dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahan, pertanggungjawaban dan pelaporan.

“Untuk mendukung penerapan pengelolaan keuangan yang baik dan benar perlu adanya langkah dan upaya kesiapan sumber daya aparatur yang profesional, mampu mengaplikasikan, menerapkan dan melaksanakan tanggung jawabnya,” ungkapnya.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, mengadakan sosialisasi pengelolaan keuangan di aula Balai Inseminasi Buatan, Banjarbaru, Kamis (12/2/2020). MC Kalsel/tgh

Sementara itu, Eko selaku Bagian CSO KPPN Banjarmasin dalam paparannya mengatakan, berdasarkan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN, untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja K/L.

“Diharapkan secara umum dapat meningkatan mutu SDM, mendorong penggunaan sistem akuntansi dan aplikasi berbasis IT, serta menyediakan dan mengembangkan aplikasi pengelolaan keuangan daerah sejak proses perencanaan dan pelaporan,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 50 peserta dari lingkup Dinas perkebunan dan peternakan dan UPT serta bagian keuangan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih