Peran TPID Kendalikan Inflasi Daerah

Kegiatan Capacity Building TPID Kalsel. Dok

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Suparmi menyampaikan kiranya laporan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dapat menggambarkan tren inflasi dan penyebab inflasi secara komprehensif.

“Saya ingin agar laporan TPID dapat menggambarkan tren dan penyebab inflasi serta kondisi daerah masing-masing dan peran TPID dalam mengendalikan inflasi daerah,” kata Suparmi, pada Capacity Building TPID se-Kalsel di salah satu hotel di Banjarmasin, Selasa (19/9/2023).

Atas nama Pemprov Kalsel, Suparmi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim pengendali inflasi daerah, yang telah melakukan langkah-langkah koordinasi dan sinergi, agar inflasi di Kalsel dapat terkendali, yang pada akhirnya menjadikan TPID Kalsel terbaik di wilayah Kalimantan.

Pengendalian inflasi daerah diharapkan mampu memitigasi dampak negatif dari dinamika perekonomian nasional maupun global.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi Kalsel di Triwulan II menunjukkan angka 4,96, kinerja makro ekonomi Kalsel secara keseluruhan menunjukkan kondisi yang baik dengan ditandai oleh pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat,” lanjut Suparmi.

Disebutkan angka inflasi Kalsel bulan Agustus 2023 year-on-year (yoy) berada pada angka 4,36, hal ini meningkat jika dibandingkan bulan Juli 2023.

“Kita harus tetap waspada menjaga tingkat inflasi ini, jangan sampai melebihi target inflasi nasional yakni 3 ±1 persen, melalui capacity building tim pengendalian inflasi ini, saya ingin menekankan pentingnya menemukenali penyebab inflasi di masing-masing daerah agar penanganannya dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat,” pesannya.

Kinerja TPID Kalsel perlu ditunjang dengan kemampuan tim TPID yang solid dalam melakukan sinergi dan koordinasi agar koordinasi penanganan inflasi terus mengalami peningkatan.

Mengingat saat ini, dimungkinkan adanya potensi lonjakan inflasi dampak El Nino yang menyebabkan kekeringan di berbagai daerah, kegagalan panen di berbagai tempat menyebabkan kita harus waspada akan stok pangan.

“Untuk itu, kesiapan TPID menjadi kunci kesuksesan dalam mengendalikan inflasi, masing-masing instansi dengan tugas pokok dan fungsinya harus saling bekerja sama melakukan sinergi dan kolaborasi dalam memberikan informasi potensi-potensi yang akan menggangu stabilitas perekonomian harus diperkuat,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai