Tampilkan Produk IKM, Dekranasda Kalsel Ikuti Pameran Kriyanusa Di Jakarta

Foto bersama di stan Dekranasda Kalsel saat mengikuti Pameran Kerajinan Nusantara di Jakarta Convention Center. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam hal ini Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) ikut serta dalam mempromosikan produk kerajinan tangan dari pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) dengan mengangkat tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju”, di Jakarta Convention Center (JCC) yang dilaksanakan selama lima hari mulai 13 hingga 17 September 2023.

Pameran Kriyanusa telah dibuka yang ditandai dengan pemukulan rebana oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah melalui Ketua Bidang Pembinaan Promosi dan Pemasaran, Hasbullah berharap, melalui pameran Kriyanusa dan dengan melibatkan para pelaku IKM, bisa menjadi ajang promosi Provinsi Kalsel di dalam negeri maupun luar negeri.

“Produk kerajinan unggulan Provinsi Kalsel yang kami pamerkan, seperti kain sasirangan, kerajinan anyaman, kerajinan arguci, tas purun, tas rotan, tas dari bahan bamban, rotan merah, batu permata, komoditi perhiasan dan lainnya. Alhamdulillah, stan kita banyak pengunjung yang datang dan lebih tertarik dengan kain sasirangan,” kata Hasbullah, Banjarmasin, Jumat (15/9/2023).

Disampaikan Hasbullah, pihaknya juga mendorong Dekranasda 13 kabupaten/kota dalam menyukseskan pameran Kriyanusa.

“Mudah-mudahan dengan keikutsertaan kita dalam pameran Kriyanusa, semakin bisa meningkatkan promosi kualitas produk khas Banua, sehingga ke depannya bisa masuk ke pangsa pasar nasional bahkan internasional,” tutur Hasbullah.

Hasbullah menyebutkan, terlebih dahulu produk kerajinan yang diikutsertakan dalam pameran Kriyanusa telah diseleksi, agar dalam mempromosikan produk kerajinan bisa diminati banyak pihak.

Hasbullah pun menjelaskan, Dinas Perindustrian telah mendukung penuh dalam memfasilitasi para pelaku IKM dalam memasarkan produk daerahnya agar bisa diminati pasar domestik dan pasar ekspor.

“Kami memiliki peran penting dalam memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi untuk peluang usaha agar para pelaku usaha di Kalsel termotivasi dalam mengembangkan produknya agar bisa lebih memperluas jaringan pasar,” pungkas Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai