Tingkatkan Kualitas Lingkungan Permukiman Kumuh, Pemprov bersama PKK Gelar Sosialisasi

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan permukiman kumuh bagi masyarakat di Kalimantan Selatan. Hal ini dilakukan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Tim PKK Kalsel dengan menggelar sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga, dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah di Aula Dekranasda Kabupaten Banjar.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan awal kegiatan yang nantinya akan diadakan di 13 kabupaten/Kota se Kalsel guna memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan di kawasan permukiman.

Kadisperkim Kalsel, Mursyidah Aminy melalui Kepala Bidang Pengembangan Permukiman, Teddy Hidayat mengatakan sesuai dengan amanat undang-undang no 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, Disperkim Kalsel memberikan perhatian yang besar dalam mendukung upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan serta penghidupan masyarakat, khususnya dalam penataan kawasan permukiman kumuh.

“Untuk itu, sosialisasi ini merupakan bentuk upaya kami dalam melakukan pencegahan sekaligus berupaya meningkatkan kualitas permukiman,” kata Teddy Hidayat, Senin (11/9/2023).

Menurutnya, sosialisasi ini sejalan dengan arah kebljakan dan strategi pencapaian target RPJMD 2020 – 2024 terjadi perubahan paradigma dalam penanganan kawasan permukiman kumuh di Provinsi Kalsel yang awal mulanya hanya berfokus pada peningkatan infrastruktur, kini dititik beratkan pada pembangunan kapasitas masyarakat melalui kegiatan yang partisipatif untuk membangun lingkungannya.

Berbagai upaya dilakukan dalam rangka meningkatkan pembangunan baik di kota maupun di desa. Upaya tersebut dilakukan dengan mengembangkan organisasi-organisasi kemasyarakatan melalui pembinaan kelompok-kelompok, salah satu nya adalah melalui tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“PKK adalah wadah perempuan dimasyarakat desa, kelurahan hingga tingkat nasional sehingga peranan dalam pembangunan sangat berpengaruh.as,” ujarnya.

Ditambahkannya, PKK telah menunjukkan peran penting dalam program-program di Indonesia antara lain penurunan angka stunting, menggalakkan program kb, menurunkan angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan, tanpa terkecuali peranannya dalam pemberdayaan masyarakat.

“Dengan dilatar belakangi hal di atas, kami mencoba melalui dukungan PKK untuk turut serta dalam mewujudkan kawasan permukiman yang layak, sehat, dan aman,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai