Evaluasi SAKIP Pemprov Kalsel


Pelaksanaan Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2023 di salah satu hotel di Banjarmasin. MC Kalsel/Fuz

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menindaklanjuti surat Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk Pelaksanaan Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2023 di salah satu hotel di Banjarmasin.

Kepala Biro Organisasi Setda Prov Kalsel, Galuh Tantri Narindra dalam hal ini turut mengundang 15 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyampaikan progres implementasi SAKIP dan menyampaikan hal-hal yang telah disampaikan pada acara Pembinaan SAKIP Kalsel pada 29 Agustus 2023 lalu.

“Semenjak tahun 2023 ini penilaian Sakip, penilaian RB itu menggunakan instrumen yang terbaru, harapannya bagaimana kinerja dan proses birokrasi itu mendorong pencapaian program prioritas nasional untuk penilaian Sakip,” kata Galuh Tantri Narindra, Senin (11/9/2023).

Instrumen penilaian ini juga mengambil tema adalah terkait kemiskinan, sehingga terpilihlah 15 perangkat daerah yang ada di dalam pembagian perencanaan kerja atau cross cutting prioritas penanggulangan kemiskinan di Pemprov Kalsel.

Dari 15 SKPD itu kemudian diambil sampel lagi oleh evaluator untuk memaparkan terkait pendekatan perencanaan program dari setiap level, kemudian penentuan target, pencapaian target, dan mekanisme pengukuran.

Tim evaluator kemudian memilih Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigran yang dipaparkan langsung oleh kepala dinas Irfan Mahlan dan Dinas Sosial dipaparkan oleh sekretaris dinas Murjani.

“Alhamdulillah dua dinas itu tepat sekali, cara mereka untuk menyiapkan lapangan pekerjaan menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan serapan tenaga kerja yang ada di Pemprov Kalsel,” ujar Tantri.

Menurutnya ketika orang sudah bekerja, maka memiliki pendapatan sehingga dia keluar dari kemiskinan, demikian juga dengan Dinas Sosial yang menggabungkan seluruh data orang miskin yang ada di kabupaten/kota se-Kalsel.

Dari dua instansi ini, ada beberapa catatan yang ditargetkan harus melakukan perbaikan dalam rentang waktu yang sudah ditetapkan, sehingga diharapkan Pemprov Kalsel evaluasi Sakip tahun ini juga mendapatkan nilai yang terbaik. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai