SMPN 6 Banjarmasin Raih Juara Pertama Lomba Sekolah Siaga Kependudukan

Prestasi membanggakan ditoreh SMPN 6 Banjarmasin berhasil meraih juara pertama lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Bonivasius Prasetya Ichtiarto.

Ia mengungkapkan apresiasi terhadap pelaksanaan Pendidikan Kependudukan tahun 2023. Dalam acara yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan ini, Bonivasius Prasetya Ichtiarto menyoroti berbagai upaya yang telah dilakukan BKKBN dalam mengedukasi masyarakat mengenai program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

“Program Kerja sama Pendidikan Kependudukan merupakan salah satu bentuk Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang diselenggarakan oleh BKKBN untuk menyampaikan program-program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana kepada masyarakat. Melalui kerja sama ini, berbagai lini di masyarakat dilibatkan sehingga seluruh kalangan dapat teredukasi tentang Program Bangga Kencana,” kata Bonivasius, Kamis (31/8/2023).

Salah satu strategi utama dalam implementasi Program kerja sama Pendidikan Kependudukan adalah melalui pendekatan jalur formal. Dalam hal ini, BKKBN melalui SSK mengintegrasikan materi kependudukan ke dalam berbagai aspek pendidikan.

“Prinsip dasar dari SSK adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terkait isu kependudukan serta dampaknya. Kami ingin mengajak siswa untuk mempertimbangkan isu-isu kependudukan dalam perencanaan masa depan mereka,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, juga menyampaikan apresiasi dalam acara Apresiasi Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan Tahun 2023.

“Penduduk Indonesia bukan hanya obyek pembangunan, tetapi juga subyek yang aktif dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Dalam upaya mencapai tujuan ini, BKKBN telah menyelenggarakan kerja sama Pendidikan Kependudukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran, masyarakat mengenai kondisi kependudukan serta dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup,” ujarnya.

Program kerja sama Pendidikan Kependudukan melibatkan SSK sebagai wadah pengintegrasian materi Program Bangga Kencana ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.

“Melalui SSK kami ingin mendorong terinternalisasinya nilai-nilai Bangga Kencana dalam diri generasi muda, sehingga mereka memiliki pengetahuan yang berkualitas untuk merencanakan masa depan mereka dengan baik,” kata Hasto Wardoyo.

Salah satu hal penting yang ditekankan adalah bahwa SSK tidak hanya berfokus pada isu kependudukan, tetapi juga melibatkan isu-isu penting lainnya seperti kesehatan reproduksi, peningkatan usia perkawinan, pencegahan narkoba, dan perundungan. Ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan remaja dalam membuat pilihan-pilihan yang baik dalam perencanaan hidup mereka.

Adapun para pemenang Lomba SSK Paripurna Terbaik 2023 pada tingkat SMP dan SMA dari tiga regional di Indonesia yakni :

Tingkat SMP Regional 1: Juara 1: SMPN 2 Ngamprah, Jawa Barat Juara 2: SMPN 1 Seyegan, DIY Juara 3: SMPN 24 Padang, Sumbar

Tingkat SMP Regional 2: Juara 1: SMPN 6 Banjarmasin, Kalsel Juara 2: MTS Negeri 3 Kota Jambi, Jambi Juara 3: SMPN 2 Tanah Siang, Kalteng

Tingkat SMP Regional 3: Juara 1: SMPN 2 Kuripan, NTB Juara 2: SMPN 6 Topoyo, Sulbar.

Tingkat SMA Regional 1: Juara 1: MAN 1 Malang, Jawa Timur Juara 2: SMAN 1 Berau, Kaltim Juara 3: SMAN 1 Boja, Jateng.

Tingkat SMA Regional 2: Juara 1: MA IC Tanah Laut, Kalsel Juara 2: SMAN 1 Kotabumi, Lampung Juara 3: SMKN 1 Muntok, Babel.

Tingkat SMA Regional 3: Juara 1: SMAN 1 Mamuju, Sulbar Juara 2: SMAN 1 Masbagik, NTB.

Juara Nasional Tingkat SMP: Juara 1: SMPN 6 Banjarmasin, Kalsel Juara 2: SMPN 2 Ngamprah, Jawa Barat Juara 3: SMPN 2 Kuripan, NTB.

Juara Nasional Tingkat SMA: Juara 1: MAN 1 Malang, Jatim Juara 2: MA IC Tanah Laut, Kalsel Juara 3: SMAN 1 Mamuju, Sulbar. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai