Pengembangan Inovasi Daerah, Pemprov Gelar Kalsel Innovation Award 2023

Ist

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar perlombaan Kalsel Innovation Award (KIA) tahun 2023 sebagai upaya untuk pengembangan peningkatan kualitas serta kuantitas inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan daerah.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira mengungkapkan penganugerahaan Kalsel Innovation Award 2023, merupakan salah satu cara untuk pengembangan inovasi daerah yang lebih memajukan banua.

“Saya sangat mengapresiasi inovator yang mau memulai melangkah, dalam menghadirkan terobosan inovasi pada pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (31/8/2023).

Ia pun berharap kepara para inovator untuk terus memberikan gagasan dan kreatifitas yang baru, sehingga kita terus memiliki inovasi daerah yang maju dan terdepan.

Fajar pun berpesan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini masih belum menghadirkan inovasi, agar bisa ikut berkontribusi kembali pada gelaran tahun berikutnya.

“Karena saat ini sudah ada peraturan yang mewajibkan bawah setiap OPD memiliki inovasi setiap tahunnya. Maka, saya mengintruksikan ke depannya seluruh OPD dapat ikut berpartisipasi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Amin menambahkan di tahun ini untuk total peserta yang ikut berpartisipasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Untuk tahun ini ada 64 inovasi yang ikut berpartisipasi pada KIA 2023 yaitu OPD zonasi Pemprov sebanyak 21 proposal, OPD zonasi kabupaten/kota sebanyak 24 proposal dan dari masyarakat sebanyak 19 proposal,” terangnya.

Untuk itu, Amin berharap melalui ajang KIA, dapat membawa manfaat yang besar untuk membangun kehidupan masyarakat Kalsel, agar terus berkembang dan maju seperti negara di luar sana.

“Dan juga menjadi salah satu langkah dalam mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan dan meningkatkan kinerja yang profesional,” pungkasnya.

Pada ajang KIA tahun 2023 dimenangkan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Daerah Provinsi Kalsel (Juara I, Kategori SKPD Provinsi Kalsel), Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel (Juara II, Kategori SKPD Provinsi Kalsel) dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel (Juara III, Kategori SKPD Provinsi Kalsel).

Sementara untuk kategori SKPD kabupaten/kita dimenangkan oleh Bappelitbangda, Kabupaten HSS (Juara I), Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tanah Laut (Juara II) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin (Juara III). MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai