Kids Library Dispersip Kalsel Buat Pengunjung Anak Betah Habiskan Waktu

Pengunjung anak membaca buku di Kids Library Dispersip Kalsel/dok

Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) membuat Kids Library semenarik mungkin menjadi magnet yang membuat anak-anak betah menghabiskan waktu.

Hal ini diakui oleh warga Kabupaten Banjar, Reswan Iriyandy, saat membawa anaknya, Anindya Putri Iriyandy, ke pusat pembelajaran milik Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut. Ia menilai, Kids Library memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari koleksi buku hingga tempat bermain.

“Tak heran jika banyak anak yang datang dan betah berlama-lama, terlebih buku-buku yang ada juga buku terbaru dengan kondisi yang baik terawat, dan anak jadi ogah untuk diajak pulang,” kata Reswan, Banjarmasin, Senin (21/2/2022).

Dia juga mengatakan, wisata literasi bersama keluarga ini dapat mengurangi aktivitas anak dengan gawai, yang berdampak buruk jika tidak terkontrol.

“Sangat senang melihat ia berjalan dari rak ke rak buku, tampak kebingungan memilih koleksi buku yang ada. Bagus semua, yang mana dulu ya? kata Anin yang ditemani ibundanya,” tutur Reswan.

Reswan menambahkan, dibawah kepemimpinan Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, perpustakaan daerah milik Pemerintah Provinsi Kalsel ini berkembang dengan luar biasa.

“Koleksi buku banyak, ada permainannya, dan petugasnya ramah-ramah pula. Sangat baik untuk anak-anak, alternatif tempat jalan, daripada di rumah main handphone terus,” ucap Reswan.

Sebagai informasi, salah satu ruang di perpustakaan Palnam yang bertempat di jalan Jenderal Ahmad Yani Kilometer 6 Banjarmasin ini buka dari Senin sampai Minggu. Bahkan pada hari tertentu dihadirkan pendongeng yang siap memberi hiburan kepada anak-anak.

Berkat komitmen pelayanan ini, Dispersip Kalsel telah menorehkan prestasi Indeks Pembangunan Literasi tertinggi dan pengeloaan arsip dengan kategori sangat baik. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai