Lestarikan Permainan Tradisional, Pemprov Kalsel Selenggarakan Lomba Badaku

Para peserta saat mengikuti lomba badaku pada perlombaan permainan tradisional di Museum Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Selasa (22/8/2023). MC Kalsel/usu.

Untuk mengangkat kembali salah satu permainan tradisional yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin mengintruksikan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan lomba badaku.

Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat, M. Taufik Akbar mengungkapkan pelaksanaan permainan tradisional ini sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan yaitu terus meningkatkan kebudayaan yang dimiliki Kalimantan Selatan.

“Melalui lomba ini, kami memberikan wadah kepada masyarakat agar ikut melestarikan salah satu permainan tradisional yang dimiliki banua kita tercinta,” ucapnya, di Banjarbaru, Selasa (22/8/2023).

Ia bersyukur, walaupun perlombaan badaku baru pertama kali diselenggarakan, akan tetapi antusias masyarakat untuk mengikuti sangat tinggi.

Akbar mengungkapkan perlombaan ini diikuti 32 peserta yang terdiri dari para pelajar sekolah maupun dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita sebagai penggerak budaya harus terus melestarikan budaya yang dimiliki banua ini,” terangnya.

Maka dari itu, Ia berharap, permainan tradisional bisa terus ditingkatkan, karena banyak nilai yang terkandung di dalamnya seperti komunikatif, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri dan menghargai prestasi.

“Kami berharap ke depannya sudah banyak sekolah – sekolah bisa ikut melestarikan permainan tradisional seperti,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai