Kalsel Jadi Acuan Provinsi Lain Untuk Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Koordinator LAPORPAMAN, Chairun Ni’mah, usai menjadi narasumber
dalam webinar Strategi Percepatan Penanganan Pengaduan Melalui SP4N-LAPOR bagi Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, Banjarmasin, Kamis (23/7/2020).

Pengelola SP4N-LAPOR Provinsi Kalimantan Selatan atau dikenal dengan branding LAPORPAMAN menjadi narasumber dalam webinar Strategi Percepatan Penanganan Pengaduan Melalui SP4N-LAPOR bagi Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, Banjarmasin, Kamis (23/7/2020).

Sejak meraih penghargaan sebagai Top 10 Penyelenggara Lapor Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019, LAPORPAMAN kerap dipercaya untuk menjadi sumber referensi pengembangan pengelolaan pengaduan masyarakat pada Pemerintah Daerah.

Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Chairun Ni’mah, selaku koordinator LAPORPAMAN, membeberkan strategi yang telah dilakukan untuk mencapai keberhasilan sejauh ini.

“Kami melakukan penunjukkan Pejabat Penghubung pada tiap SKPD, penandatanganan komitmen bersama bagi eksekutif, serta pemberian reward kepada SKPD pengelola Lapor terbaik,” terang Chairun.

Ketiga hal tersebut dipandang sangat krusial untuk menjaga efektivitas dan keberlanjutan pengelolaan SP4N-LAPOR di daerah.

Tidak hanya itu, Chairun juga melakukan beberapa strategi seperti pembuatan grup WhatsApp bagi Pejabat Penghubung, sosialisasi dan bimbingan teknis, Forum Group Discussion, dan studi tiru bersama ke daerah lain yang sudah lebih dulu berhasil mengelola SP4N-LAPOR.

Strategi tersebut kemudian diimplementasikan menjadi berbagai kegiatan yang dilakukan sejak tahun 2018 hingga sekarang.

“Gerakan Sadar LAPOR! sekaligus launching LAPORPAMAN di tahun 2018 telah menjadi branding yang sukses dan populer di kalangan masyarakat Banua, sehingga Kemenpan RB menunjuk Kalsel sebagai salah satu dari tiga provinsi untuk menyelenggarakan event khusus LAPOR! Goes To Campus di tahun 2019 yang lalu,” beber Chairun.

Sebagai bentuk komitmen bersama untuk meningkatkan pelayanan publik, Chairun juga menambahkan bahwa sebelumnya LAPORPAMAN telah melakukan penandatanganan MoU dengan Ombudsman Kalsel serta audiensi dan monitoring USAID-CEGAH.

Di tengah kondisi pandemi, LAPORPAMAN tetap hadir membantu masyarakat dengan mengadakan kegiatan LAPOR! Peduli Covid-19 #laporberbagi dengan membagikan takjil, masker dan sarung tangan yang dilaksanakan serentak di kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

Saat ini, LAPORPAMAN telah meraih prestasi sebagai TOP 25 Kompetisi Pelayanan Publik Tahun 2018 dan Top 10 Anggakara Birawa Kompetisi Pelayanan Publik Tahun 2019. MC Kalsel/EPN

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan