Meriahkan Harjad Ke-73 Kalsel dengan Lomba Perahu Hias

Perahu Hias Dinsos, DESDM, RSUD Moch Ansari Saleh dan Biro PBJ.

Untuk memeriahkan Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan HUT ke-78 RI, Pemprov Kalsel melaksanakan berbagai kegiatan lomba salah satunya yaitu lomba perahu hias.

Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel beserta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), RS Moch Ansari Saleh, serta Biro Pengadaan Barang dan Jasa yang tergabung dalam kelompok 11 akan menampilkan perahu hias bagian bawah berbentuk perahu naga, bagian atas berbentuk kuda ditarik pedati.

“Dimana melambangkan filosofi bagaimana melaksanakan kegiatan sebagai gagah berani dan perkasa juga mampu melaksanakan tugas yang diberikan dalam rangka pembangunan di Kalsel,” kata Ketua Panitia, Achmadi, Banjarmasin, Kamis (10/8/2023).

Dijelaskan Achmadi, selain itu juga akan ada unsur kearifan lokal kesenian daerah, pihaknya pun akan menampilkan nanang galuh banjar dalam bentuk visual.

“Insyaallah besok kita akan luncurkan perahu ke sungai Martapura tepatnya di Siring Nol Kilometer, pada jam 15.00-18.00 WITA,” ucapnya.

Diakui Achmadi, pada tahun lalu pelaksanaan dilakukan malam, namun tahun ini dilaksanakan siang. Oleh karenanya tidak memerlukan lampu hias dan dimaksimalkan pada bentuk ornamen.

“Tema yang kita usung adalah “Bersama kita bersatu dan Bergerak dengan menjunung derajat menuju banua yang bermartabat sebagai gerbang Ibu Kota Negara,” tambahnya.

Tema pada Hari Jadi Prov Kalsel kali ini yaitu Rakat Basindat, Junjung Martabat, Banua Babarakat”, yang artinya persatuan yang sangat erat, selalu menjunjung tinggi derajat dan martabat, agar Banua atau kota mendapatkan keberkahan.

“Kita optimis untuk mempertahankan juara kembali pada tahun ini, kita terus upayakan untuk menjadi yang terbaik karena tingkat kesulitan pembuatan ornamen perahu naga, ornamen kuda ini membuktikan keseriusan kita mengikuti lomba untuk memenangkan perlombaan ini,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai