Pemprov Kalsel Dorong Kinerja Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Tingkatkan Kualitas Pembangunan Gedung

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mendorong kinerja Pemerintah Kabupaten/kota dalam meningkatkan Kualitas perencanaan dan pembangunan gedung melalu pembinaan Teknis dan Sosialisasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kabid Cipta Karya, Ryan Tirta Nugraha saat membuka keigatan Pembinaan Teknis dan Sosialisasi Bangunan dan Lingkungan di Banjarmasin, Rabu (9/8/2023).

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk mampu meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dan stake holder non Pemerintah terkait perencanaan, pembangunan dan pengelolaan bangunan gedung terhadap pengaplikasian sistem BIM. Agar nantinya dapat diperoleh data perencanaan yang efektif dan efisien dalam pelaksanaannya,” kata Ryan.

Menurutnya, perkembangan zaman menuntut untuk mampu memahami dan menjalankan teknologi terbaru. Penerapan teknologi informasi dalam dunia kontruksi muncul dari latar belakang personal.

Tidak semua personal dapat memahami kemajuan teknologi pada tahap perencanaan gedung, seperti teknologi informasi dalam mengumpulkan, menganalisis, memproses data untuk menghasilkan perencanaan yang efektif.

Maka dari itu dengan Perangkat Lunak perencanaan bangunan Building Information Modelling (BIM), memungkinkan para profesional konstruksi untuk membuat model digital 3D dari bangunan yang akan dibangun.

“BIM memungkinkan kolaborasi TIM, visualisasi desain, dan analisis fitur-fitur seperti efesiensi energi dan keberlanjutan,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 8 Agustus sampai 11 Agustus 2023. Dilanjutkan pada 11 Agustus di Lab Universitas Negeri Lambung Mangkurat, dengan tema “Pelatihan Building Information Modelling (BIM).” MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai