Berkat Kolaborasi DPRD, Pemprov Kalsel Sampaikan Banyak Penghargaan Diraih Melalui Rapat Paripurna Harjad

Foto bersama usai Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kalsel dalam Rangka Memperingati Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel, Banjarmasin, Rabu (9/8/2023). MC Kalsel/Ar

Dengan tema “Rakat Basindat, Junjung Martabat, Banua Babarakat” Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 14 Agustus mendatang mencerminkan nilai-nilai kebersamaan yang dalam, semangat untuk senantiasa menjunjung tinggi martabat dan derajat.

“Selama 73 tahun berdiri, Provinsi Kalsel telah mencatat berbagai prestasi gemilang yang membuktikan bahwa sinergi dari seluruh elemen masyarakat adalah kunci keberhasilan. infrastruktur yang semakin berkembang, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan akses pendidikan serta kesehatan adalah bukti upaya kita terus berjalan berkelanjutan,” ucap Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Wakil Gubernur Kalsel, Muhidin pada Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel dalam Rangka Memperingati Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel, Banjarmasin, Rabu (9/8/2023).

Disampaikan Muhidin, ada 183 capaian prestasi yang telah diraih dan ini menggambarkan tekad, kerja keras dari seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalsel dalam memajukan Banua.

“Dari penghargaan tersebut, kita juga telah meraih dua penghargaan bergengsi pada tahun ini, yakni penghargaan Satyalancana Wira Karya bidang Pertanian, terkait Inovasi Program “Siska Ku Intip” dan Satyalancana Wira Karya bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana terkait Inovasi dalam Penanganan Penurunan Stunting. Ini adalah bukti konkrit bahwa kebijakan dan program kita memiliki dampak nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Muhidin.

Dijelaskan Muhidin, pihaknya telah berkomitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tercermin dalam Indeks Pembangunan Manusia Kalsel yang meningkat signifikan dari 69,65 pada tahun 2017 menjadi 71,84 pada tahun 2023.

“Peningkatan ini dari upaya kolaboratif kita dalam memberikan pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi kepada semua masyarakat tetapi capaian ini tidak lepas dari tekad dan kerja keras Pemprov, DPRD, para pemangku kepentingan daerah dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan,” tambah Muhidin.

Muhidin pun mengajak, agar bisa memanfaatkan Peringatan Harjad ke-73 sebagai momen penting untuk merefleksikan perjuangan, mengevaluasi pencapaian-pencapaian, memantapkan niat, optimisme, dan komitmen untuk menghadirkan masa depan yang lebih cerah bagi Kalsel.

“Mari kita terus berinovasi, berkarya dan mengabdi kepada masyarakat, dengan keyakinan bahwa setiap usaha baik pasti akan menghasilkan kebaikan,” ungkap Muhidin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengatakan, bahwa pencapaian penghargaan selama ini tidak lepas dari kolaborasi yang baik antara eksekutif dan legislatif, serta pihak terkait lainnya.

“Mari kita manfaatkan momentum Harjad ke-73 Provinsi Kalsel dengan masyarakat dalam membangun dan menjaga Provinsi yang kita cintai ini, adat dan budaya harus dijadikan pijakan dalam menjalani arus zaman sekarang sebagai dasar untuk mengembangkan daerah menuju Kalsel Babussalam pintu keselamatan menjadi gerbang Ibu Kota Negara (IKN),” kata Supian. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai