Dukung Capaian Akses Air Minum, Dinas PUPR Kalsel Fokus Kerjakan Program SPAM

Kepala Bidang Cipta Karya, Agung Dewanto saat di ruang kerjanya, Banjarbaru, Senin (17/1/2022). MC Kalsel/tgh

Guna mendukung capaian akses air minum, Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)  fokus mengerjakan Program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pada tahun ini. 

Mewakili, Plt Kadis PUPR Kalsel, Kepala Bidang Cipta Karya, Agung Dewanto mengatakan tahun 2022 ini pihaknya akan mengembangkan SPAM Regional Banjarbakula guna mencapai akses air minum.

“Apalagi kemaren telah dibangun intek penambahan kapasitas SPAM Regional Banjarbakula sebanyak 500 liter per detik (lpd) dari anggaran Dana APBN dari Kementerian PUPR sebesar Rp80 miliar dan selesai pengerjaan diakhir tahun 2021 kemaren,” kata Agung, Senin (17/1/2022).

Menurut Agung, SPAM regional Banjarbakula mulai beroperasi pada 2016 dengan kapasitas 250 lpd. Seluruh kapasitas tersebut baru terserap sekitar 20.000 Sambungan Rumah (SR) pada 2019. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kalsel  mengajukan penambahan kapasitas, dan konstruksinya mulai dilakukan pada 2020. Dari 500 LPD tersebut diharapkan dapat meningkatkan SR sebanyak 40.000 SR pada 3 wilayah layanan yaitu Kab. Banjar, Kota Banjarbaru dan Kab. Tanah Laut.

“Hal ini untuk mengembangkan, dan meningkatkan pelayanan masyarakat kita di wilayah Banjarbakula,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan segera mempercepat penyerapan jaringan produksi air bersih. Hal ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat serta Pemprov Kalsel. 

“Kami di PDAM provinsi nantinya akan bersinergis dengan operator di daerah seperti PDAM Intan Banjar, PDAM Tala, dan seterusnya,” kata Agung. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai