Festival Wisata Budaya Internasional Akan Meriahkan Harjad Ke-73 Provinsi Kalsel

Dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi (Harjad) ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pariwisata (Dispar) akan mengadakan Festival Pasar Terapung dan Festival Budaya Internasional “Kalsel Menjemput Dunia”.

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, terkait pelaksanaan festival pasar terapung pihaknya akan menggandeng Dispar 13 kabupaten/kota di Kalsel untuk turut berpartisipasi.

Festival Pasar Terapung sendiri, lanjut Syarifuddin, rencananya akan dilaksanakan dikawasan Siring 0 Km Banjarmasin pada 11-14 Agustus mendatang.

“Pada Festival Pasar Terapung nanti akan kita isi dengan berbagai event seperti, lomba klotok hias, penampilan kesenian, karnaval budaya, lomba beolah wadai Banjar, lomba barista kopi pengaron, lomba hias astokona, balap dayung, kampung Banjar, dan lain sebagainya,” katanya, Banjarmasin, Rabu (9/8/2023).

Sementara itu terkait dengan Festival Budaya Internasional “Kalsel Menjemput Dunia” Syarifuddin menjelaskan, event ini merupakan ajang promosi sekaligus pertukaran budaya dengan lima negara yakni India, Korea Selatan, Maroko, Turki dan Romania.

Event Festival Budaya Internasional “Kalsel Menjemput Dunia” juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Dalam Negeri RI, dimana pada event tersebut akan dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tentang kebudayaan dan kepariwisataan.

“Semoga melalui event ini dapat menambah khazanah budaya dan kepariwisataan Provinsi Kalsel, seiring status Geopark Meratus (berproses di UNESCO Global Geopark) masuk dalam gugusan geopark dunia yang merupakan bagian geosite tertua dunia,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai