Hari Keenam, Gubernur Kalsel Mengakhiri Turdes ke-9 di Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kanan) dan KH Wildan Salman (kiri) di Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an.

Ratusan santri Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura menyambut antusias kedatangan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor bersama rombongan.

Kedatangan orang nomor satu di Kalsel tersebut dalam rangkaian kegiatan Turdes Kemerdekaan ke-9 “Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua” dengan misi penanganan inflasi, stunting, dan perekaman e-KTP di sejumlah sekolah di 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Setibanya di lokasi, Gubernur Kalsel bersama Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura, KH Muhammad Wildan Salman menanam pohon di halaman setempat.

Dalam sambutannya, Sahbirin mengajak warga Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura dan masyakarat Kalsel khususnya untuk menjaga dan memelihara sungai yang ada disekitar lingkungannya.

“Mari kita anggap sungai sebagai ibu Pertiwi yang harus dijaga dan pelihara, jangan sampai sungai menjadi tempat pembuangan sampah,” tegasnya, Banjar, Selasa (8/8/2023).

Dia mengimbau agar di musim kemarau ini, dimanfaatkan masyarakat untuk menata sungai yang ada disekitar lingkungannya, baik itu dengan cara di keruk, di bersihkan, dan lainnya, mengingat sungai adalah salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat Banua.

“Jangan sampai aliran sungai kita menjadi aliran sampah yang besar, sehingga daya tampungnya berkurang dan menyebabkan banjir. Apalagi sungai merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat kita,” tuturnya.

Lebih jauh Dia juga mengimbau untuk bisa memberikan hak pilihnya dengan sebaik baik pada pemilu 2024 mendatang.

“Bagi pemilih pemula yang sudah mendapatkan E-KTP tadi ulun harap bisa memberikan hak pilih dengan sebaik-baiknya pada tahun 2024 mendatang,” katanya. 

Sementara itu, Guru Wildan mengucapkan syukur karena agenda turdes gubernur berjalan lancar.

“Alhamdulillah, turdes beliau sukses. Sebelum tiba di sini, rombongan sudah kemana-mana,” ucapnya. 

Menurutnya, turdes yang dilakukan Gubernur Kalsel bersama jajarannya sangat berarti bagi masyarakat di desa. 

“Karena ada desa yang belum pernah dikunjungi kepala daerah, dengan adanya turdes Alhamdulillah rombongan bisa datang langsung dan memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujarnya. 

Turdes ke-9 ini membawa misi penanganan inflasi, stunting, dan perekaman e-KTP di sejumlah sekolah di 13 kabupaten/kota se-Kalsel.

Untuk itu, pada kesempatan tersebut Gubernur Kalsel turut membagikan bantuan sembako, bendera merah putih, bantuan pangan tambahan ibu hamil dan balita, tabel tambah darah untuk remaja, bantuan 100 bibit tanaman holtikultura, serta penyerahan simbolis e-KTP kepada perwakilan santri Madrasah Darussalam Tahfidz Al-Qur’an Martapura. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai