Turdes Ke 9, Pemprov Kalsel Siapkan Ribuan Tablet Tambah Darah

Turun Desa (Turdes) ke-9 Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan siapkan ribuan tablet tambah darah bagi remaja puteri dan pemberian makanan tambahan kepada balita dan ibu hamil.

Terkait turdes kali ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Diauddin menyampaikan keterlibatan pihaknya dalam rangka stunting.

Diauddin mengatakan, pihaknya bersama SKPD lain seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan bersinergi dalam upaya untuk menekan angka stunting di Banua.

“Dinas Kesehatan Kalsel akan memberikan kepada remaja puteri tablet tambah darah dengan sasaran 51.558 remaja puteri dan untuk balita dan ibu hamil, pemberian makanan tambahan 2.583 ibu hamil dan balita,” kata Diauddin di Banjarmasin, Selasa (1/8/2023).

Ia menuturkan, kegiatan yang diinisiasi oleh Gubernur Kalimantan Selatan ini merupakan upaya untuk penurunan stunting dengan target 14 persen.

“Mudah-mudahan stunting di Kalsel bisa mencapai target 14 persen diakhir 2024 nantinya,” ucapnya.

Ia juga berharap, dengan adanya turdes yang menyasar pelosok pedesaan di 11 kabupaten ini, masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan tersebut terlebih dengan adanya fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk dapat mendapatkan makanan tambahan,” pungkasnya.

Adapun Turdes ke sembilan ini akan dimulai dari 3 hingga 8 Agustus 2023 ini mengangkat tema “Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua” dengan membawa misi penanganan inflasi, stunting dan perekaman e-KTP.

Nanti, dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalsel akan menyerahkan tablet vitamin, makanan tambahan, gemar makan ikan, makan telur, bibit tanaman dan paket sembako secara simbolis. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai