Turdes Bersama Gubernur Kalsel, Revolusi Hijau Digelorakan

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menanam pohon. MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) telah memantapkan kesiapan penanaman pohon dan pembagian bibit tanaman gratis pada kegiatan Turun ke Desa (Turdes) bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang dilaksanakan selama enam hari dari 3 hingga 8 Agustus 2023.

Turdes bersama Gubernur Kalsel dengan tema “Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua 2023” dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-78 RI dan Hari Jadi ke-78 Provinsi Kalsel.

Program ini ke-9 kalinya dilakukan untuk menyapa dan memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang berada di pelosok 13 kabupaten/kota dalam penanganan inflasi, stunting dan perekaman e-KTP.

Turdes dimulai dari Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin menuju Kabupaten Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara menuju Tabalong, Balangan, Barabai dan Loksado, kemudian dilanjutkan ke Tanah Bumbu dan Kotabaru. Setelah itu menuju Tanah Laut dan finish di Kiram Park Kabupaten Banjar.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan, disetiap lokasi yang menjadi rute Turdes nantinya Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor akan menggelorakan Program Revolusi Hijau Kalsel dengan melakukan penanaman pohon bersama dengan total 160 bibit tanaman yang terdiri dari jenis bibit produktif, seperti durian, jelengkeng, mangga, jambu, petai, alpukat, mahoni dan ulin serta membagi jenis bibit tanaman untuk masyarakat setempat dengan total 1.300 bibit tanaman terdiri dari jenis bibit produktif seperti, durian, alpukat, mangga, kelengkeng, alpukat, jeruk, jambu, mahoni, spatodea, dan tabebuya hingga tanaman hias yang difasilitasi oleh Dishut Provinsi Kalsel melalui Unit Pelaksana Tingkat Daerah (UPTD) atau Kesatuan Pengelolan Hutan (KPH) lingkup Dishut Kalsel di kabupaten/kota.

“Penanaman pohon salah satu program unggulan pemerintah sehingga perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar program gerakan revolusi hijau bisa tercapai, guna mengurangi lahan kritis dan menambah tutupan lahan,” kata Fathimatuzzahra, Banjarbaru, Selasa (1/8/2023).

Fathimatuzzahra pun menjelaskan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pengecekan kesiapan lokasi penanaman pohon disetiap kabupaten/kota dan pembagian bibit tanaman gratis agar Turdes bersama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berjalan lancar dan sukses.

“Memang personil Dishut Provinsi Kalsel bergerak dalam melakukan pengecekan rute-rute yang menjadi jalur Turdes nantinya karena kami juga sebagai Forest Rider yang bertugas memberi rasa aman di jalan kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan jajaran SKPD Pemprov Kalsel,” kata Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai