Festival Bulu Tangkis Piala Paman Birin Cup Tahun 2023 Diharapkan Menghasilkan Atlet Profesional


Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah menyerahkan piala juara pertama Festival Bulutangkis piaa Paman Birin Cup Tahun 2023 di Gor Zamrud Badminton, Banjarmasin Kamis (22/6/2023). Dok

Perhelatan Festival Bulu Tangkis Piala Paman Birin Cup Tahun 2023 telah sukses diselenggarakan. Dari turnamen yang dilaksanakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini telah menghasilkan para juara yang diharapkan dapat menjadi atlet yang profesional.

Pada festival bulu tangkis ini, mempertandingkan empat kategori. Dimana partai final ganda dewasa putra, pasangan Ahmad Maulana Irawan dan M Aulia Rahman (HYD-MYD) harus bertarung rubber set menghadapi Rizwan Yusliansyah dan Surya Pandhyanatha (PBSI Banjarmasin) yang berakhir 21-15, 7-21, dan 21-15.

Kemudian ganda veteran putra, pasangan Agung Tri Wardoyo dan Hendri (SLP) mengalahkan Abdul Gafar dan Jamaluddin (Kotabaru) dengan skor 21-10 dan 21-10. Dikelompok tunggal pemula putri, Dian Pratiwi (Berkat Abadi) berhasil mengalahkan Nazwa Kinaya (Purnama) dua set langsung 21-14 dan 23-21. Sedangkan tunggal pemula putra, M Adrian Maulana (Mustika) menghentikan perlawanan Agung Amru (Berkat Abadi) 21-17, 18-21, dan 21-13.

“Jadi pertandingan sudah selesai dan menghasilkan para juara yang profesional bahkan antusias para pebulu tangkis sangat luar biasa dengan melibatkan pemain pemula, dewasa, dan veteran,” ucap Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Kadispora Kalsel Hermansyah saat menyerahkan piala di Gor Zamrud Badminton, Banjarmasin, Kamis (22/6/2023).

Ia mengatakan turnamen ini layak menjadi agenda tahunan. Apalagi bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diprakarsai Kemenpora.

Dengan semakin banyaknya event, diharapkan melahirkan pebulu tangkis handal. 

“Sekarang ini, sudah ada atlet bulutangkis Kalsel yang masuk Pelatnas. Tinggal bagaiman kita terus menggali potensi yang ada sesuai arahan Gubenrur Kalsel,” ungkapnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai