Kalsel Amankan Posisi Ke 7 di Fornas VII Jabar

Kontingen Kalimantan Selatan pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII 2023 di Jawa Barat, Bandung berhasil meraih posisi 7 nasional. Dok

Klasemen akhir perolehan medali pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII 2023 di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar), telah dirilis atau di umumkan.

Diumumkan bahwa tuan rumah Jabar berhasil menjadi juara umum, sementara untuk Kalimantan Selatan (Kalsel) yang turun dengan kekuatan 647 pegiat mampu mengamankan posisi 7 nasional atau dua tingkat naik dari Fornas sebeleumnya.

Pengumuman klasemen akhir perolehan medali itu di rilis atau diumumkan melalui akun instagram resmi FORNAS VII 2023 Jabar yakni @fornasjabar.

Kontingen Kalsel mengakhiri FORNAS VII 2023 Jabar berada di peringkat 7 klasemen akhir perolehan medali dengan meraih 29 emas, 25 perak, dan 15 perunggu.

Hasil ini sedikit lebih baik dari pada raihan Kalsel pada pelaksanaan FORNAS VI 2022 di Palembang, Sumatera Selatan. Pada saat itu Kalsel mengakhiri klasemen di peringkat 9, dengan meraih 27 emas, 28 perak, dan 20 perunggu.

“Alhamdulillah, artinya posisi Kalsel di klasemen akhir perolehan medali naik dua peringkat dari ajang FORNAS sebelumnya, ini sebuah pencapaian yang bagus,” ujar Kadispora Kalsel, Hermansyah.

Melihat hasil perolehan medali, tercatat Kalsel selisih dua medali emas dari peringkat enam yakni Jawa Tengah dengan 31 emas, 40 perak, dan 45 perunggu.

Begitu juga dengan peringkat kedelapan, dengan meraih 27 emas, 27 perak, dan 30 perunggu, Kalimantan Timur harus berada di bawah satu tingkat Provinsi Kalsel.

Sebagaimana yang sudah diketahui, Kalsel setidaknya mengirimkan sebanyak 647 kontingen, diantaranya ada pegiat, penggiat, pendamping, official, dan lainnya. Meskipun masih belum bisa masuk lima besar, namun hasil ini pun menurut Herman sudah sangat membanggakan.

“Kita sudah melaksanakan dari Festival sampai FORDA, arinya mereka sudah sudah sangat siap. Semoga ajang selanjutnya lebih meningkat lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid pembudayaan olahraga Dispora Kalsel, Budiono menyampaikan, pada pelaksanaan Fornas, ada beberapa medali yang diraih medali oleh Kalsel namun tidak diakui oleh tuan rumah Jabar.

“Ya ada beberapa yang tidak diakui oleh tuan rumah, tapi tetap dipertandingkan oleh KORMINas. Lebih jelasnya hasil dari perolehan medali itu tidak masuk dalam perhitungan medali,” jelasnya.

Lebih detailnya, Ia menyebutkan beberapa medali yang diraih kontingen Kalsel, namun tidak dimasukan dalam perolehan medali kontingen Kalsel, ada 6 emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

“Emas itu ada dari Inorga AKTI, PERPATRI, Lari Balok, Gebuk bantal dan PORGOSI Balogo. Khusus Balogo ada dua emas yang diraih tapi tidak dihitungkan,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai