Petani Tanbu Uji Coba Metode Tanam Saring

BATULICIN – Petani di Kabupaten Tanah Bumbu melakukan  uji coba metode tanam jajar saring hasil aplikasi tekhnologi pengendalian parit/ asam. Uji coba  ini merupakan penerapan pertama kali di Kabupaten Tanah Bumbu.
Uji coba itu terapkan dalam Luasan 2 hektar  yang merupakan  bahan percontohan khusus di wilayah Kecamatan Kusan Hilir, dan  pada gilirannya metode tersebut  nanti akan diterapkan di masing-masing kecamatan yang ada lahan pertaniannya.
Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu H. Setia Budi di sela-sela acara syukuran panen padi hasil uji coba metode tanam jajar saing hasil aplikasi tekhnologi pengendalian parit/ asam di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir Rabu (4/10/17).
 “Melalui  metode  saring ini akan kita lihat hasilnya, sementara melihat hasil yang ada panen itu sudah mampu  mencapai hasil 7,8 Ton. Kedepanya diharapkan hasil panen ini akan menambah penghasilan petani kita sendiri” ucapnya.
Ketua Kelompok Tani Rukun Tani  Desa Saring Sungai Bubu, Johani mengungkapkan sistim tanam jajar saring ini akan memangkas waktu  sebab tanpa semai  dan mampu mengefesienkan proses  waktu  tanam  serta menghindari hama.
“Tak hanya efesien  dengan tanam benih langsung, dengan waktu yang  singkat itu pula akan meningkatkan hasil produksi petani kita,” kata Johani.  (Win)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan