Lestarikan Tari Daerah, Pemprov Kalsel Akan Gelar Festival Karya Tari Daerah 2023

Dalam melestarikan dan mengembangkan seni tari Daerah baik secara lokal maupun Nasional, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan Festival Karya Tari Daerah tahun 2023 pada 29 Juli 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati mengungkapkan tujuan Festival Karya Tari Daerah tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan apresiasi budaya antar pelaku seni, pemerhati seni dan masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan ini sekaligus meningkatkan jalinan komunikasi, kerja sama serta tukar pengalaman di antara sesama pelaku seni,” ucapnya, di Banjarbaru, Rabu (12/7/2023).

Sementara itu, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso menambahkan pada Festival kali ini mengangkat Tema “Legenda atau cerita rakyat Kalimantan Selatan”.

“Sampai saat ini, ada 11 provinsi yang akan ikut meramaikan Festival Karya Tari Daerah yang dilaksanakan di Mahligai Pancasila,” katanya.

Lebih lanjut, untuk materi Festival karya Tari Daerah Tahun 2023 adalah tari garapan baru yang berpijak pada tari tradisi daerah atau seni budaya tradisi daerah yang belum pernah ditampilkan dalam even Parade, Festival, Lomba Tari Tingkat Daerah maupun Nasional.

Untuk itu, Sunjaya berharap Festival ini dapat menjadi ajang para seniman dalam mengenalkan dan mengeksplore tari daerah yang dimiliki setiap kabupaten/kota.

“Karena, nantinya bagi kabupaten/kota yang menang akan kami tampilkan pada even nasional,” tuturnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai