Satgas Karhutla Jaga Bencana Asap di Kemah Bela Negara

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, R Suria Fadliansyah (kiri) memberikan arahan sebelum melakukan peninjauan helikopter yang digunakan melakukan patroli udara sekaligus melakukan water bombing di Banjarbaru, Minggu (9/7/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, R Suria Fadliansyah memberikan dukungan atas pelaksanaan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kiram Park Kabupaten Banjar pada tanggal 10-16 Juli 2023 nanti.

“Kita mengerucut dulu bahwa bulan ini Kalsel akan ada kegiatan besar tingkat nasional, KBN, ini akan dihadiri dari seluruh provinsi sejumlah provinsi ditambah kabupaten kota se-Kalsel,” ujar R Suria saat briefing harian di pangkalan FASI bandara Syamsudin Noor, Jumat (7/7/2023).

Perhelatan itu tentu akan mendatangkan tamu dari luar daerah termasuk dari pusat, sehingga pencegahan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akan menjadi perhatian khusus, dalam hal ini pencegahan akan dikerahkan juga di wilayah pelaksanaan KBN.

“Kegiatan KBN ini perlu menjadi perhatian khusus, terutama kepada satgas udara maupun satgas darat melakukan kesiapsiagaan untuk keberlangsungan KBN,” lanjut Suria.

Lokasi kegiatan KBN ini masuk dalam wilayah yang berada di daerah ring satu, termasuk di taman hutan rakyat (tahura) Sultan Adam yang dalam beberapa waktu ini sempat juga terjadi karhutla.

Suria meminta agar satgas lainnya dapat bergerak untuk melakukan langkah-langkah antisipasi, termasuk pada satgas media agar nantinya membuka layanan edukasi kepada peserta.

“Termasuk imbauan agar peserta atau tamu nantinya dimintakan untuk menyediakan masker, ini untuk antisipasi jika kebakaran di lokasi perkemahan ataupun tapi juga ada asap kebakaran yang mengepung perkemahan,” tuturnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai