Meriahkan Kemah Bela Negara Nasional 2023 Dengan Pagelaran Tari Mahelat Lebo

Latihan para penari dari sanggar Ija Jela.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Provinsi Kalimantan Selatan akan memeriahkan pembukaan Kemah Bela Negara Nasional tahun 2023 pada tanggal 10 Juli dengan menampilkan pagelaran “Tari Mahelat Lebo”.

Kepala UPTD Provinsi Kalsel, Suharyanti mengungkapkan pada penampilan ini, pihaknya bekerja sama dengan seniman dari kabupaten Barito Kuala yaitu Sanggar Ija Jela.

“Pada pembukaan nanti para penari yang hanya berjumlah lima atapun enam orang, melainkan 20 penari dari sanggar Ija Jela yang akan menampilkan tari mahelat lebo,” ucapnya, Banjarmasin, Jumat (7/7/2023).

Suharyanti menjelaskan, tarian ini menceritakan tentang kesiapsiagaan Suku Dayak Bakumpai di Kabupaten Barito Kuala, dalam mempertahankan lebo atau kampung halaman mereka dari gangguan- gangguan yang mengancam.

Pihaknya mengungkapkan, untuk progres garapan para penari, sudah mencapai 90 persen tinggal menyelaraskan gerak dan menyesuaikan venue pada saat gladi nanti.

“Kami selaku salah satu pengisi hiburan pada malam pembukaan nanti akan menyuguhkan penampilan yang terbaik. Apalagi kita ketahui bersama ada 17 provinsi dengan lebih dari 1.000 peserta yang hadir nanti,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai