DLH Kalsel Gelar Aksi Pilah Sampah pada Peringatan HPSN 2021

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Kemitraan DLH Kalsel, Benny Rahmadi, memberikan keterangan terkait rangkaian kegiatan peringatan HPSN 2021, Banjarbaru, Kamis (18/2/2021). MC Kalsel/Rns

Menyambut peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021,
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan berencana menggelar seminar, aksi pilah sampah, dan juga pembagian alat kebersihan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Kemitraan DLH Kalsel, Benny Rahmadi mengatakan aksi pilah sampah akan dilakukan di 13 kabupaten/kota, dengan titk utama, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

“Kita bersinergi dengan kabupaten/kota memberikan informasi bahwa masih ada nilai dalam sampah tersebut, dengan melakukan pemilahan tingkat rumah tangga sampai nanti kita distribusikan ke bank sampah terdekat,” kata Benny, Banjarbaru, Kamis (18/2/2021).

Benny pun mengatakan aksi pilah sampah efektif untuk mengurangi jumlah sampah. Tentunya, hal tersebut memerlukan peran serta masyarakat.

“Kertas, plastik, karton yang ada nilainya kita pilah dan akan kita teruskan ke bank sampah sebagai upaya menghidupkan bank sampah di sekitar,” ucap Benny.

Untuk membangkitkan semangat masyarakat, DLH Kalsel pun memberikan challenge pilah sampah di media sosial, dan bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah.

“Kami juga memberikan giveaway aksi pilah sampah di media sosial, sudah disampaikan dengan challenge memposting kegiatan berkaitan pilah sampah di tingkat rumah tangga dan lingkungan yang menyatakan ada niali sampah yang dapat dihasilkan,” ujar Benny.

Sedangkan untuk pembagian alat kebersihan, seperti sapu lidi dan karung akan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Disebutkan Benny, peringatan HPSN tahun ini mengangkat tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Oleh karena itu, DLH Kalsel memilih mengusung sub tema “Jaga dan Bersihkan Banua dari Pasca Banjir”.

“Di beberapa Kabupaten mengalami banjir, maka kita jadikan sub tema pada HPSN 2021 kali ini,” ujar Benny. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai