Pemprov Kalsel Targetkan 25 Persen Penduduk Miliki KTP Digital di 2023

Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel, Zulkifli. MC Kalsel/Jml

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalsel sudah mulai bergerak untuk persiapan penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital.

Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel, Zulkifli mengatakan, KTP digital merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Yang mana dengan inovasi ini nantinya masyarakat dapat memanfaatkan gawai pintarnya sebagai KTP.

Dia menambahkan meskipun di sejumlah daerah di Kalsel masih terkendala jaringan internet, pada 2023 ini pihaknya menargetkan 25 persen penduduk di Kalsel sudah memiliki KTP digital.

“Saat ini kita sudah jalan, meskipun kurang dari lima persen, tapi program ini terus kami jalankan (registrasi KTP digital),” kata Zulkifli, Banjarbaru, Jumat (7/7/2023).

Selain terkendala jaringan internet, Zulkifli menerangkan, saat ini masih banyak lembaga yang tidak bisa atau bersedia menerima KTP digital ini.

“Contohnya saat kita ke hotel, mungkin mereka menolak jika kita menunjukkan KTP digital, mereka maunya e-KTP karena bisa difotokopi langsung. Inilah yang masih menjadi kendala, karena tidak semua lembaga pemanfaat bisa merekam KTP digital, sehingga ini perlu waktu agar bisa tersinkronisasi,” jelas Zulkifli.

Zulkifli juga mengakui, saat ini program KTP digital ini hanya bisa digunakan pada gawai pintar berplatform Android.

“Saat ini memang harus diakui KTP digital belum bisa diterangkan pada gawai pintar berplatform IOS. Sehingga untuk saat ini tidak semua masyarakat bisa mendaftar KTP digital, mengingat pengguna gawai pintar IOS cukup banyak di Kalsel,” terang Zulkifli.

Guna menyukseskan program KTP digital ini, Zulkifli menegaskan, pihaknya terus mensosialisasikan program ini dengan mengunjungi lokasi-lokasi yang menjadi titik konsentrasi manusia.

“Kita mengunjungi pusat keramaian seperti pasar untuk mensosialisasikan program ini. Kami juga mengapresiasi salah seorang anggota dewan yang mengundang anggota komunitasnya untuk melakukan registrasi. Kami juga berencana melakukan perekaman KTP digital untuk ASN pada saat apel gabungan di perkantoran Setda Provinsi Kalsel yang direncanakan pada tanggal 3 Agustus mendatang,” tukas Zulkifli. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai