Menjadi Tuan Rumah Kemah Bela Negara 2023, Kalsel Lakukan Berbagai Persiapan

Provinsi Kalimantan Selatan segera bertindak sebagai tuan rumah pada kegiatan tingkat nasional, Kemah Bela Negara (KBN) yang diselenggarakan di Kiram Park Kabupaten Banjar tanggal 10-16 Juli 2023.

Ketua Pelaksana KBN, Agus Salim menjelaskan perkembangan persiapan kepanitiaan serta kepesertaan dan agenda kegiatan selama KBN di Banua.

“Persiapan akhir ini, nanti sore kita akan ada koordinasi panitia secara keseluruhan karena besok direncanakan kontingen cabang se-Kalimantan Selatan sudah masuk ke lokasi,” ujar Agus Salim, Jumat (7/7/2023).

Sedangkan peserta dari luar daerah disebutkan akan tiba di Banua pada tanggal 9 Juli 2023, sebelum memasuki ke arena mereka akan ditempatkan dahulu di lokasi-lokasi yang berada di luar bumi perkemahan, sehingga pada tanggal 10 pagi sudah mulai masuk lokasi di Kiram Park.

“Saat ini sudah terdata 18 provinsi, kontingen dari daerah dengan jumlah dikisaran 1.192 orang personel, namun ini masih juga ada beberapa daerah yang ingin melakukan penambahan personel,” lanjut Agus Salim.

Adapun lokasi pelaksanaan rangkaian KBN ini, dijelaskan ada beberapa lokasi selain main camp di Kiram Park diantaranya yakni subcamp di taman hutan raya Sultan Adam dengan agenda satu hari bersama TNI dan Polri, kemudian di Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut dilakukan penanaman mangrove.

Nantinya juga akan dilakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, peserta KBN akan berjumpa tokoh, kemudian kunjungan ke musium Lambung Mangkurat. 

“Usai kunjungan kita juga akan menjamu mereka di Mahligai Pancasila untuk melakukan makan siang di sana sekaligus nanti akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin,” lanjutnya.

Sedangkan pembukaan nantinya dilaksanakan pada tanggal 10 Juli malam, yang rencananya akan dihadiri oleh Ketua Kwarnas Budi Waseso.  Pada pembukaan nantinya akan menghadirkan kegiatan yang dinamakan kegiatan Bhineka Tunggal Ika, atau malam seni budaya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai