Laporan Penanggulangan Bencana Karhutla di Kalsel

Petugas BPBD melakukan pembasahan lahan karhutla. Dok

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, R Suria Fadliansyah menyampaikan laporan penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel pada hari Kamis, 22 Juni 2023.

“Berdasarkan hasil olah data dari berbagai sumber oleh petugas piket Pusdalops-PB dan laporan BPBD kabupaten/kota terkait kejadian pada tanggal 22 Juni kemarin terjadi karhutla di beberapa wilayah di Kalsel,” sebut R Suria Fadliansyah, Jumat (23/6/2023).

Disebutkan, kejadian karhutla di Kabupaten Tanah Laut (Tala) terjadi di beberapa daerah, pertama di Kecamatan Bati-bati Desa Liang Anggang terjadi karhutla dengan luas lahan sekitar 3 hektare. Masih di Kecamatan Bati-bati namun di Desa Pandahan juga terjadi kebakaran lahan sekitar 2 hektare. Selanjutnya di Kecamatan Panyipatan, Desa Kandangan Lama juga terjadi kebakaran lahan sekitar 2 hektare.

Kemudian Kota Banjarbaru dilaporkan terjadi dua kebakaran, pertama di jalan Guntung Manggis juga terjadi karhutla yang menghanguskan lahan sekitar 2 hektare, kemudian kebakaran yang terjadi di Kecamatan Landasan Ulin yakni kebakaran pemukiman yakni 2 rumah yang dihuni oleh 2 KK atau 3 jiwa.

Hingga hari ini, Jumat 23 Juni 2023, BPBD Kalsel menyebutkan 6 kebakaran hutan dengan luas hutan sekitar 18,2 hektare dan 62 kebakaran lahan dengan luas lahan sekitar 116,92 hektare. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai