140 SMA Kalsel Siap Laksanakan PPDB Pada Awal Juli 2023

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Daryatno di kantor Disdikbud Prov. Kalsel, Banjarbaru, Jumat (23/6/2023). MC Kalsel/usu.

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk 140 Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun ajaran 2023/2024 lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dimulai dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2023.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun mengatakan pendaftaran siswa baru di tahun ini masih sama seperti sebelumnya yaitu melalui daring.

“Bagi para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya bisa masuk ke dalam laman https://kalsel.siap-ppdb.com/,” ucapnya, di Banjarbaru, Jumat (23/6/2023).

Ia menjelaslan pendaftaran melalui daring ini sangat memudahkan para orang tua, karena dalam mengakses informasi penerimaan siswa baru menjadi lebih tertib serta mudah untuk dipantau.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Daryatno menambahkan mekanisme penerimaan siswa baru melalui 5 jalur yaitu jalur zonasi, afirmasi, mutasi orang tua dan prestasi akademik serta non akademik.

“Untuk jalur zonasi dengan daya tampung 50 persen, jalur afirmasi  dengan daya tampung 15 persen, jalur mutasi orang tua dengan daya tampung 5 persen, jalur prestasi akademik dan non akademik dengan daya tampung 30 persen,” katanya.

Daryatno mengatakan, apabila ada wali murid  yang masih kesulitan untuk mendaftarkan anaknya melalui laman yang telah disediakan, mereka bisa datang langsung ke sekolah terdekat.

“Masyarakat bisa saja langsung datang ke sekolah. Karena nantinya akan ada operator yang mendampingi para wali murid untuk menggunakan laman tersebut,” pungkasnya.

Untuk tahun ajaran 2023/2023, menerima kurang lebih 24.272 siswa dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Adapun beberapa persyaratan agar siswa bisa mengikuti Pendaftaran Peserta Didik Baru tahun ajaran 2023/2024 yaitu memiliki ijazah, nilai rapor, kartu keluarga dan surat tanggung jawab mutlak. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai