Jaga Ketertiban Masyarakat, Gubernur Kalsel Apresiasi Kehadiran Polisi RW

Barisan Polisi RW Polresta Banjarmasin sebelum dikukuhkan, Banjarmasin, Selasa (20/6/2023). MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Sulkan mengapresiasi pengukuhan Polisi RW yang bertugas di Polresta Banjarmasin sekaligus Apel Kasatkamling jajaran Polda Kalsel.

“Dari kegiatan pengukuhan Polisi RW ini sangat tepat dalam upaya meningkatkan pengamanan dan menjaga ketertiban lingkungan masyarakat,” ucap Sulkan, Banjarmasin, Selasa (20/6/2023).

Sulkan menyampaikan, dari pengukuhan ini juga menjadi motivasi Polisi RW melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka keamanan lingkungan dan kenyamanan bersama serta harus bisa memberikan peran terbaik bagi masyarakat.

“Sehingga dari tentram dan tertibnya lingkungan masyarakat maka pembangunan semakin kondusif dan kesejahteraan akan tercapai,” ungkap Sulkan.

Kepala Polda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi melalui Irwasda Polda Kalsel, Kombes Pol Turman Sormin Siregar mengatakan, Polisi RW merupakan program dari Kapolri yang bertugas dalam mengedepankan masyarakat dan di setiap RW harus ada petugas kepolisian.

“Jadi kegiatan ini telah terlaksana di seluruh jajaran Polda Kalsel dan harus ada 1.999 targetnya seluruh RW di Kalsel memiliki Polisi RW nya,” ujar Kombes Pol Turman.

Dijelaskan Kombes Pol Turman, tugas Polisi RW sendiri berbeda dengan Bhabinkamtibmas. Polisi RW yang tugasnya berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Sehingga dari mereka tahu dan mengetahui situasi masalah masyarakat itu, seperti masalah ekonomi, masalah sosial, masalah kamtibmas, masalah kesehatan dengan menyampaikan ke pimpinan dan dicarikan solusinya,” jelas Kombes Pol Turman.

Sementara itu, Kepala Polresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A Martosumito mengatakan, dari pengukuhan ini ada 115 Polisi RW yang baru sesuai dengan jumlah RW yang ada di Kota Banjarmasin.

“Mudah-mudahan dengan adanya Polisi RW tersebut, kedepannya bisa mampu membawa kepolisian lebih dekat lagi dengan masyarakat dan bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas,” tutur Kombes Pol Sabana. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai