Persambi Kalsel Gelar Pelatihan Dasar Perkembangan Peraturan

Perkumpulan Sambo Indonesia (Persambi) Provinsi Kalimantan Selatan laksanakan pelatihan dasar perkembangan peraturan dan teknis pelatihan.

Disampaikan Sekretaris Umum Persambi Kalsel, Muhammad Ricky Fajar bahwa Persambi Kalsel melaksanakan kegiatan pelatihan dasar Sambo tahun 2023 yang sebelumnya pernah dilaksanakan di tahun 2019.

“Pelatihan dasar Sambo ditahun 2023 ini ada beberapa aturan dan teknis pelatihan yang diupdate peraturan baru yang dikembangkan dari tahun 2019 sampai 2023. Artinya ada peraturan baru yang perlunya pelatih dikabupaten/kota mengetahui aturan terbaru,” kata Ricky, Sabtu (17/6/2023).

Ia mengatakan, dalam pelatihan ini, pihaknya mengundang narasumber dari PB Persambi yang langsung datang dimandatkan oleh Ketua Umum PB Persambi, Krisna Bayu yakni Sekjen di PB Persambi, Muhammad Akbar yang merupakan teknisi bagian bidang pemprograman dan perwasitan .

“Jadi suatu kebanggaan dan suatu kehormatan kita narasumber datang memberi materi langsung,” ujarnya.

Ricky menjelaskan, dalam pelatihan lebih banyak praktek secara umum terkait teknis dasar. Secara umum Sambo terbagi dua pertandingan yaitu sport dan kombet.

“Jadi pelatih harus wajib tahu,bahwa poin seperti kombet bagaimana dan poin perpoinan Sambo sport seperti apa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan syukur karena perkembangan sambo dari tahun 2019 hanya terisi 8 kabupaten/kota, sekarang di tahun 2023 sudah bertambah menjadi 11 kabupaten/kota.

“Alhamdulillah, hari ini kita ada 11 kabupaten yang datang yaitu tambahan dari Kabupaten Tabalong dan Barito Kuala dan setiap kabupaten kota mengirimkan 2 pelatih bahkan maksimal 5,” ucapnya.

Ia berharap dapat menemukan dan menambah bakat-bakat potensi, yang skalanya dikelompok umur dan junior agar nanti menggantikan tim senior.

“Ke depan kita akan komunikasikan dengan KONI dan minta diarahkan yang bisa membina dan mengembangkan Sambo,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai